5 Tips Memilih Makanan Sehat untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 481 2446651 5-tips-memilih-makanan-sehat-untuk-pasien-covid-19-isolasi-mandiri-a55NJ5ami0.jpg Ilustrasi makanan sehat untuk pasien covid-19 isolasi mandiri. (Foto: Pixabay)

SELAMA isolasi mandiri di rumah, beberapa pasien covid-19 ternyata ada yang kurang memerhatikan asupan makanannya. Padahal, makanan sehat dan bergizi saat isoman sangat penting untuk mempercepat proses pemulihan.

Makanan-makanan tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk bisa melawan wabah penyakit covid-19. Namun, terkadang pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri kerap bingung memilih dan mengonsumsi makanan sehat.

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) @bpom_ri, Selasa (27/7/2021), berikut tips memilih dan mengonsumsi makanan sehat selama masa isolasi mandiri.

Baca juga: 21,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia 

1. Buat perencanaan dengan matang dan beli pangan sesuai kebutuhan. Tidak ikut panic buying. Disarankan mengonsumsi produk pangan dengan umur simpan yang lebih singkat lalu diikuti dengan yang lebih lama.

Isolasi mandiri. (Foto: Freepik)

2. Berkreasi dengan berbagai resep makanan rumahan. Disarankan mengolah pangan sendiri. Hindari kontak langsung jika menggunakan pesan antar atau daring.

3. Terapkan lima kunci keamanan pangan. Jagalah kebersihan. Pisahkan pangan matang dengan pangan mentah. Masaklah dengan benar. Jaga pangan pada suhu aman. Gunakan air dan bahan baku yang aman.

Baca juga: Bisa Gak Sih Virus Covid-19 Menyebar Melalui Makanan? 

4. Kurangi mengonsumsi gula, garam, dan lemak (GGL). Perbanyak pangan berserat yang mengandung vitamin dan zinc seperti sayuran serta buah-buahan. Hindari mengonsumsi pangan yang mengandung lemak trans. Pilih metode memasak secara merebus, mengukus, dan memanggang.

5. Minum air putih yang cukup. Penuhi cairan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas atau setara 2 liter sehari. Bisa juga menambahkan susu atau jus.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini