Share

Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat Buka Layanan Vaksin Covid-19 bagi Anak hingga Ibu Menyusui

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 481 2446655 sentra-vaksinasi-sinergi-sehat-buka-layanan-vaksin-covid-19-bagi-anak-hingga-ibu-menyusui-LiG48XhEpk.jpg Divaksin Covid-19 (Foto: Johns hopkins medicine)

DI tengah melonjaknya kasus positif Covid-19, pemerintah dan swasta terus berlomba-lomba membangun sentra vaksinasi untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat, Endang Mariani mengatakan, pihaknya melakukan kolaborasi bersama 10 rumah sakit dengan spesialisasi masing-masing rumah sakit dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Sebanyak 10 rumah sakit yang tergabung dalam Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat antara lain RSCM, RS Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, RS PON, RS Soeharto Heerdjan, RSKO Jakarta, RS Persahabatan, RSJ Harapan Kita, RSAB Harapan Kita, dan RSK Dharmais.

Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat ini juga membuka layanan vaksin untuk anak-anak berusia minimal 12 tahun, ibu hamil dan menyusui, pengidap kanker, dan juga yang punya komorbid karena didukung oleh 10 rumah sakit vertikal yang menyediakan dokter untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum divaksinasi.

“Sentra vaksinasi ini enggak sekedar untuk vaksinasi. Dengan bergabungnya 10 rumah sakit yang punya spesialisasi masing-masing juga memberikan layanan edukasi dan sosialisasi tentang berbagai hal terkait vaksinasi dan Covid-19. Sentra vaksinasi ini juga untuk mengklarifikasi hoax-hoax yang beredar di masyarakat,” tegas Endang, Selasa, (27/7/2021).

 Membuka sentra vaksinasi

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menjelaskan, kegiatan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat akan berlangsung sejak 22 Juli hingga 15 September 2021 dan bertempat di The Media Hotel and Towers, Gunung Sahari, Jakarta.

"Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat menargetkan sebanyak 2.000 orang per hari yang akan menerima vaksin. Kami memberikan layanan vaksinasi yang spesial dengan menghadirkan rumah sakit vertikal yang masing-masing punya spesialistik, dan menyediakan vaksinasi lengkap 1 dan 2. Jadi gak cuma sekali terus 28 hari berikutnya masyarakat harus mencari-cari tempat vaksin kedua," kata Andre.

Untuk proses registrasi vaksinasi, ILUNI UI bekerjasama dengan BAKTI Kominfo menyiapkan aplikasi SiapDok yang dapat diunduh pada Play Store. “Bahkan, Sentra vaksinasi Sinergi Sehat menyediakan bus untuk antar jemput peserta rombongan yang berasal dari sekolah atau pesantren," jelas Andre.

Waktu pelaksanaan yang panjang, selama dua bulan, bertujuan untuk memberikan kepastian bahwa setiap peserta vaksinasi mendapatkan dosis lengkap.

“Dalam setiap penyelenggaraan sentra vaksinasi, kami selalu berupaya tidak sekedar memberikan vaksinasi pertama. Jadi 28 hari kemudian, setiap peserta dapat kembali ke Sentra Vaksinasi kami untuk memperoleh vaksin dosis kedua. Itu merupakan komitmen kami,” lanjutnya.

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI) dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, FIHA mengatakan, rumah sakit menghadapi berbagai tantangan semasa pandemi. Meski begitu, 10 rumah sakit vertikal tetap ingin memberikan kontribusi besar yang aman bagi semuanya.

“Kami senang mendapatkan bantuan relawan-relawan dari ILUNI, sehingga kami menyetor nakes saja. Setiap rumah sakit memberikan dua-tiga tim terdiri dari dokter dan perawat. Bahkan ada rumah sakit yang memberikan dokter sub-spesialis,” katanya.

“Dengan dukungan berbagai pihak membuat kami optimis apa yang kami kerjakan akan memberikan manfaat besar untuk masyarakat,” ujarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini