Moderna Rancang Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 481 2446683 moderna-rancang-vaksin-covid-19-untuk-anak-di-bawah-12-tahun-6kaNxqHltA.jpg Ilustrasi Vaksin Moderna. (Foto: Nikkei Asia)

VAKSIN covid-19 platform mRNA, Moderna, yang rencananya dipakai juga di Indonesia, tengah dirancang untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Uji coba akan dilakukan dengan harapan mengetahui informasi lebih baik terkait potensi efek samping.

"Ini merupakan niat kami untuk memperluas cakupan penerima vaksin covid-19 dengan dilakukannya uji coba, dan kami secara aktif mendiskusikan proposal dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA)," kata juru bicara Moderna, seperti dikutip dari laman Fox News, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: 21,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia 

Dari uji coba tersebut diharapkan peneliti mendapati informasi mengenai database keamanan vaksin serta adanya kemungkinan hal-hal yang jarang terjadi.

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

Kabar ini mencuat ke publik setelah The New York Times melaporkan bahwa atas "desakan" FDA, Vaksin Pfizer maupun Moderna memperluas cakupan vaksinasi mereka yaitu untuk usia 5–11 tahun. Uji coba diharapkan dapat membuktikan apakah dugaan peradangan jantung benar muncul pasca-vaksinasi.

Pfizer sendiri mengumumkan bahwa uji coba terhadap usia 5–11 tahun ini akan bisa diketahui pada September mendatang. Kemudian uji coba akan berlanjut ke usia yang lebih muda lagi setelahnya.

Baca juga: Kombinasi Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Buat Antibodi Naik 6 Kali Lipat! 

"Hasil uji coba pada usia 6 bulan diharapkan rampung pada Oktober atau November," kata juru bicara Pfizer.

Pfizer sendiri sudah mulai melakukan uji coba kepada anak berusia 5–11 tahun sejak 8 Juni dan anak di bawah 5 tahun pada 21 Juni 2021. Uji coba diketahui diikuti oleh 4.500 peserta dari Amerika Serikat, Finlandia, Polandia, dan Spanyol.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini