Antisipasi Dampak Varian Delta Plus, Epidemiolog: Percepat Vaksinasi Lengkap

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 481 2446856 antisipasi-dampak-varian-delta-plus-epidemiolog-percepat-vaksinasi-lengkap-wYJIiIZ9sI.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

PENEMUAN varian Delta Plus di Tanah Air membuat masyarakat dan pemerintah menjadi khawatir akan ancaman penyebaran virus yang semakin masif. Semakin lebih cepat menular, varian baru Covid-19 ini juga resistan terhadap terapi antibodi dan mampu mengikat dengan kuat pada reseptor ACE2 sehingga bisa menurunkan efikasi respon antibodi tubuh.

Sebagaimana diketahui, varian Delta Plus ini adalah hasil mutasi varian Delta karena adanya mutasi K417N. Epidemiolog Griffith University Australia, dr. Dicky Budiman, menyebut bahwa penemuan varian Delta Plus ini menandakan bahwa varian tersebut telah menjadi predominan strain di wilayah yang ditemukan.

“Ini adalah tanda bahwa Indonesia akan menghadapi adanya banyak kasus, sebab orang yang sudah divaksinasi namun terinfeksi. Antisipasinya adalah vaksinasi harus cepat dilengkapi. Vaksinasi dua kali itu sangat penting untuk proteksi tambahan,” kata dr. Dicky saat diwawancarai MNC Portal, Selasa (27/7/2021).

vaksinasi covid-19

Baca Juga : Varian Delta Plus Ditemukan di Indonesia

Selain itu dr. Dicky juga menjelaskan bahwa penemuan varian Delta Plus ini menujukkan seberapa pentingnya pelaksanaan Test, Tracing, dan Treatment (3T) serta disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 5M. Baginya vaksinasi, 3T dan 5M adalah tiga aspek yang harus dilakukan secara lebih kuat lagi untuk merespon kemunculan varian Delta Plus.

“Karena Delta Plus makin cepat menular sehingga harus diperkuat. Orang yang mobilitas harus dicegah untuk membawa virus dengan dideteksi. Tidak ada tindakan yang bisa diubah, hanya saja konsistensi, komitmen dan disiplin termasuk meningkatkan surveillance genomic untuk mendeteksi evolusi dari virus serta melihat perubahan perilaku dari virus ini sendiri,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini