MNC Peduli Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen di PMI

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 481 2446877 mnc-peduli-ajak-penyintas-covid-19-donor-plasma-konvalesen-di-pmi-8OwxVYbGx4.jpg Donor plasma (Foto: Freepik)

MNC Peduli ikut berpartisipasi dalam upaya menangani pandemi Covid-19, termasuk mengajak penyintas Covid-19 agar mau mendonorkan plasma konvalesennya.

Data PMI per 21 Juli 2021 sendiri mengungkapkan bahwa pendonor plasma konvalesen sebanyak 60.090. Namun, jumlah tersebut diyakini masih jauh dibandingkan permintaan untuk pasien Covid-19.

Di sisi lain, terapi tambahan tersebut diklaim cukup menjanjikan bagi pasien Covid-19 gejala ringan dan sedang yang dirawat di rumah sakit. Karena itu, penting rasanya bagi penyintas untuk mau jadi pendonor.

MNC Peduli 

Lewat Instagram Live di @mncpeduli.id dan @palangmerah_indonesia, Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo mengajak para penyintas untuk tidak ragu mendonorkan plasma konvalesennya. Sebab, banyak sekali pasien Covid-19 yang saat ini sangat membutuhkan bantuan.

"Sebagai bentuk syukur kita yang sudah diberikan kehidupan oleh Tuhan, ada baiknya kita memberikan pertolongan pada orang lain dengan membantu, salah satunya mendonorkan plasma konvalesen di PMI bagi para penyintas Covid-19," terang Jessica Tanoesoedibjo di Instagram Live bertajuk 'Pentingnya Kita Berbagi Plasma Konvalesen', Selasa (27/7/2021).

Ia melanjutkan, "MNC Peduli sendiri terus mendukung program ini dengan mengajak karyawan MNC Group yang sudah berhasil melawan Covid-19 sejak Februari hingga saat ini untuk membagikan plasma konvalesennya ke pasien Covid-19 yang membutuhkan."

Terapi plasma konvalesen sendiri merupakan pengobatan yang menggunakan plasma konvalesen penyintas Covid-19, karena diyakini di dalamnya mengandung antibodi yang diharapkan dapat memperkuat sistem imun pasien dalam melawan virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

"Dengan menjalani terapi plasma konvalesen, sistem imun yang sudah kuat itu dapat mencegah perkembangan penyakit dan mempercepat penyembuhan," terang Palang Merah Indonesia di situs resminya.

Lebih jelasnya lagi, di situs resmi PMI juga diterangkan bahwa ada syarat khusus penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma konvalesennya.

#Syarat pendonor plasma konvalesen:

- Usia 18 – 60 tahun

- Berat badan lebih dari 55 kg

- Diutamakan pria, apabila perempuan belum pernah hamil

- Pernah terkonfirmasi Covid-19 dengan metode pemeriksaan swab PCR

- Bebas gejala minimal 14 hari

- Surat keterangan sembuh dari Rumah Sakit yang merawat

- Maksimal 3 bulan pasca-sembuh Covid-19

- Calon pendonor penyintas yang isolasi mandiri lebih dari 3 gejala dapat melakukan donor dengan membawa surat keterangan sembuh dari dokter atau puskesmas

- Tidak menerima transfusi darah selama 3 bulan terakhir

Alur pendaftarannya bagaimana?

1. Calon donor bisa langsung datang ke UDD PMI setempat, atau jika ada melalui tautan pendaftaran daring masing-masing UDD.

2. Jika melalui tautan pendaftaran maka calon donor akan dihubungi oleh petugas UDD setempat

3. Calon pendonor mengisi formulir donor darah, informed consent, anamnesis , pemeriksaan fisik, dan laboratorium (konfirmasi golongan darah, titer antibodi, dan skrining IMLTD).

4. Calon donor yang lolos proses anamnesis , pemeriksaan fisik, dan laboratorium akan menjalani proses pengambilan plasma konvalesen sesuai jadwal antrean yang disampaikan oleh petugas.

5. Proses pengambilan plasma konvalesen menggunakan alat apheresis minimal selama 45 menit.

Adapun pengisian formulir donor secara daring di masing-masing UDD PMI. Pendonor perlu melengkapi data diri, meliputi nama, nomor induk kependudukan, nomor ponsel, jenis kelamin, tempat lahir, pekerjaan, alamat tinggal, golongan darah, rhesus, berat badan, dan tinggi badan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini