Mau Anak Patuh Prokes, Dokter Reisa: Orangtua Jangan Cuma Nyuruh

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 481 2446948 mau-anak-patuh-prokes-dokter-reisa-orangtua-jangan-cuma-nyuruh-YYsp4ovd4y.jpg Dokter Reisa (Foto : YouTube/FMB9ID_IKP)

DI rumah saja menjadi momen tepat mengajarkan anak-anak tentang protokol kesehatan yang harus diadaptasi. Hal ini agar menjadi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19

Pelatihan adaptasi baru pada anak ini, disebutkan dokter Reisa Broto Asmoro harus dilakukan demi mempersiapkan anak agar sudah terlatih dan punya modal agar bisa siap ketika suatu hari nanti sudah diperbolehkan keluar rumah.

Dokter Reisa

“Misalnya melatih anak gimana pakai masker yang baik dan benar, latih anak untuk bisa jaga jarak dengan teman dan orang lain. Ajarkan anak juga kebiasaan cuci tangan dengan enam langkah tepat memakai air serta sabun dan selama 20 detik. Ini dilatih setiap hari,” tutur dr. Reisa, dikutip dari akun Youtube FMB9ID_ IKP, kemarin. 

Baca Juga : Tips Dokter Reisa Mengenali Berita Hoaks Seputar Covid-19

Anak Pakai Masker

Dalam melatih penerapan kedisiplinan akan protokol kesehatan pada anak-anak, dokter Reisa mengingatkan para orangtua harus menjadi contoh langsung yang bisa dilihat dan diteladani oleh anak-anak di rumah, bukan hanya sekedar memerintahkan anak.

“Anak-anak butuh teladan, jadi orangtua adalah orang yang harus melakukan hal serupa. Jangan cuma nyuruh-nyuruh doang, tapi juga patuh melakukan protokol kesehatan yang sama dan tepat dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Selain itu, para orangtua juga wajib divaksin. Sebab dengan ikut vaksinasi Covid-19, tak hanya memberikan perlindungan dan tameng untuk diri sendiri tapi juga sekaligus melindungi anak-anak di rumah yang belum bisa diberikan vaksin Covid-19.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini