Biarkan Anak Menonton dan Main Gadget Terlalu Lama Ganggu Kesehatan Mental Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 612 2446526 biarkan-anak-menonton-dan-main-gadget-terlalu-lama-ganggu-kesehatan-mental-loh-5HK43hLmcQ.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA performa badan agar tetap fit di masa pandemi memang menjadi kunci terhindar dari penyakit. Meski demikian, terkurung di rumah memang bisa menimbulkan penyakit pada mental.

Ditambah dengan banyaknya informasi yang tidak jelas kebenarannya, membuat banyak orang mengalami rasa kecemasan. Orangtua pun harus memberikan perhatian penuh pada anak di rumah.

Tapu, rasa cemas yang dilanda para orangtua ternyata memberi dampak juga pada anak. Menurut Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi, orangtua yang cemas terbukti ganggu anak beraktivitas.

Anak-anak

Karena itu, Vera, sapaan akrabnya, meminta kepada orangtua agar mampu mengontrol rasa cemas akibat pandemi ini demi kesehatan mental anaknya. Sebab, di antara keduanya ada kaitan yang erat.

"Hal utama yang perlu orangtua lakukan adalah mengelola kecemasan dalam diri sendiri, sehingga tidak memunculkan pengaruh negatif pada anak," papar Vera dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal.

"Ketika Anda cemas akibat ketidakpastian pandemi, biasanya hal itu akan memengaruhi aktivitas anak di rumah. Padahal, menjaga rutinitas anak selama di rumah itu amat penting bagi tumbuh kembang si kecil," katanya.

Namun, kita sadari betul bahwa ragam aktivitas di masa pandemi ini cukup terbatas. Tapi, di situlah tantangannya dan para orangtua diharapkan mampu mengatasi hal tersebut dengan berpikir kreatif.

"Anda harus mencari apa saja yang bisa dilakukan di rumah agar dapat membantu anak merasa lebih tenang, misal sediakan waktu bermain bersama anak secara rutin," sarannya.

Ada beberapa aktivitas juga yang diharapkan Vera tidak dilakukan para orangtua. "Seperti hindari aktivitas-aktivitas pasif layaknya menonton televisi atau membiarkan anak bermain gadget terlalu lama tanpa diperhatikan," katanya.

Kegiatan tersebut, sambung Vera, malah akan membuat mood anak cenderung kurang baik dan justru dapat membuat kesehatan mental mereka tidak berjalan maksimal.  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini