Suntikan Ketiga Vaksin Sinovac Akan Buat Antibodi Naik 3 Kali Lipat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 612 2446672 suntikan-ketiga-vaksin-sinovac-akan-buat-antibodi-naik-3-kali-lipat-9nThZA7Mx7.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PARA peneliti menyebut antibodii yang diberikan vaksin Sinovac akan mengalami penurunan kulitas dalam enam bulan. Oleh karena itu, dibutuhkan suntikan ketiga vaksin Covid-19 Sinovac, enam bulan atau lebih setelah suntikan kedua.

Dipercaya, suntikan ini akan menghasilkan peningkatan tingkat antibodi yang luar biasa. Hasil penelitian dipublikasikan di medRxiv menemukan bahwa meskipun tingkat antibodi menurun dalam enam bulan setelah suntikan ledia, tapi vaksinasi dua dosis juga menghasilkan antibodi yang baik.

Dosis ketiga, diberikan pada interval enam sampai delapan bulan setelah dosis kedua, menyebabkan peningkatan yang kuat dalam respons imun, dengan rata-rata geometrik titer (GMT) meningkat menjadi sekitar 140.

Secara keseluruhan, 540 peserta menerima dosis ketiga dalam penelitian ini. Pada kelompok 3 g, titer antibodi penetral yang diinduksi oleh dua dosis pertama menurun setelah enam hingga delapan bulan hingga di bawah batas seropositif (GMT: 4.1).

Melansir globaltimes, ketika dosis ketiga diberikan 6-8 delapan bulan setelah dosis kedua, GMT yang dinilai 14 hari kemudian meningkat menjadi 137,9, atau naik sekitar tiga kali lipat.

Pola ini konsisten dengan penelitian terbaru tentang imunisasi booster dengan vaksin AstraZeneca, yang menunjukkan konsentrasi antibodi total yang lebih tinggi setelah dosis ketiga.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini