Indonesia Perlu Punya Kantung Sampah Ramah Lingkungan Lebih Banyak

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 612 2446689 indonesia-perlu-punya-kantung-sampah-ramah-lingkungan-lebih-banyak-WFojZDLSV0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA ini kantung plastik menjadi musuh lingkungan. Siapa sangka kalau sampah plastik itu bisa diolah menjadi compostable bag loh.

Compostable bag adalah kantong plastik ramah lingkungan yang kuat, tahan panas, juga tidak berbau untuk mengemas makanan. Menariknya lagi, kantung plastik ini bisa terurai menjadi kompos.

Dijelaskan Himawan Wijaya dari Sinar Joyoboyo Plastik, meski dari limbah, kantung belanja ini diproses secara higienis. Kantung ini bisa bermanfaat untuk apa saja, termasuk aman untuk makanan loh.

 plastik

"Kantung belanja ini terbuat dari bahan baku yang aman digunakan untuk kemasan makanan,” kata Himawan lewat keterangannya.

Sementara itu, jika sudah tak terpakai, kantung ramah lingkungan tersebut dapat terurai menjadi kompos dalam waktu 180 hari. Tergantung pada kondisi tanah, kelembapan, sinar matahari, dan mikroba.

Hal ini tentu akan sangat membantu mengurangi penumpukan limbah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dengan harapan dapat mengurangi polusi limbah plastik di Indonesia.

"Jadi ayo bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi selanjutnya” pungkas Himawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini