Banyak Hoax soal Vaksin Covid-19, Dokter Reisa: Indonesia Negara Beribu Mitos

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 612 2446764 banyak-hoax-soal-vaksin-covid-19-dokter-reisa-indonesia-negara-beribu-mitos-BBynx2M5Xv.jpg Dokter Reisa. (Foto: Instagram)

PROGRAM vaksinasi Covid-19 memang memiliki banyak tantangan. Mulai dari pengiriman, tempat penyimpanan hingga para tenaga medis yang harus menyuntikan vaksin.

Tapi, dari segala macam rintangan tersebut, tantangan terberat saat ini adalah penyebaran hoaks di masyarakat. Hal inilah yang membuat banyak orang ragu untuk menerima vaksin.

Disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, program ini memang memiliki banyak tantangan, tapi tantangan utama ada di masyarakat sendiri. Sebab yang paling sering dihadapi adalah hoaks seputar vaksinasi.

"Misinfromation, disinformation, fitnah, kabar bohong, mitos. Di Indonesia ini memang negara dengan beribu-ribu mitos,” kata dr. Reisa dalam siaran Dialog Produktif Semangat Selasa: Update Percepatan Vaksinasi Covid-19, Selasa (27/7/2021).

Mirisnya, sebanyak lebih dari 5.000 kabar hoaks seputar Covid-19, termasuk soal vaksinasi sudah menyebar luas di kalangan masyarakat selama pandemi yang sudah berlangsung kurang lebih dua tahun ke belakang ini.

“Di Indonesia ini saja, dari awal pandemi sudah ada sekitar lebih dari 5.000 hoaks. Jadi memang penyebaran informasi yang enggak akurat dan kesannya memang tak terbendung,” tambahnya.

Dokter Reisa menegaskan, solusi untuk menekan laju kabar hoaks seputar Covid-19, salah satunya termasuk tentang vaksinasi ini sebetulnya kekuatan terbesarnya bukan di pemerintah, melainkan di tangan ratusan juta rakyat Indonesia sendiri.

“Kekuatan utama untuk hadapi tantangan terkait vaksinasi ini ada di masyarakatnya sendiri,” pungkas dr. Reisa.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini