Kenali Makanan 4 Sehat untuk Pasien Isolasi Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 612 2446883 kenali-makanan-4-sehat-untuk-pasien-isolasi-mandiri-CCK5Htxute.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PASIEN Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala (OTG) memang disarankan melakukan isolasi mandiri di rumah. Tapi, dalam isolasi mandiri tersebut pemerintah tetap menyediakan layanan telemdicine untuk konsultasi kesehatan ataupun obat.

Selain obat, yang juga harus dipenuhi adalah keutuhan asupan vitamin dan makanan yang bergizi. Sebab, pasokan vitamin dalam tubuh bukan hanya dari obat saja, tapi juga dari makanan yang dikonsumsi.

Sebagaimana diketahui, apabila kebutuhan tubuh terhadap makanan sehat dan bergizi seimbang terpenuhi dengan baik, maka akan sangat membantu pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh diperlukan strategi dan komposisi makanan yang tepat.

Selain makanan, perlu juga diketahui bahwa pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah harus sering mencuci tangan pakai sabun untuk menghindari penularan infeksi ke benda-benda di sekitarnya. Jangan lupa melakukan aktivitas fisik selama 30 menit per hari dan minum air delapan gelas sehari.

Merangkum dari laman Instagram Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), @bpom_ri, Selasa (27/7/2021), berikut makanan sehat dan bergizi yang bisa membantu proses pemulihan tubuh selama masa isolasi mandiri. Yuk disimak.

Lauk pauk

Protein hewani: telur, ikan, ayam, udang, dan daging.

Protein nabati: tahu, tempe, kacang-kacangan.

Makanan pokok

Nasi, jagung, roti, singkong, dan kentang.

Buah-buahan

Aneka buah-buahan potong dan jus tanpa gula seperti jeruk, mangga, apel, pisang, dan pepaya.

Sayuran

Wortel, kangkung, brokoli, dan selada.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini