Yuk, Ajak Si Kecil Patuhi Protokol Kesehatan dengan Cara Menyenangkan

Karina Asta Widara , Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 12 2447201 yuk-ajak-si-kecil-patuhi-protokol-kesehatan-dengan-cara-menyenangkan-2VlTecAIJ1.jpg fOTO : Dok Freepik

Pandemi Covid-19 belum kunjung usai. Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah untuk mengendalikan situasi, seperti perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus mendukung upaya tersebut. Dukungan bisa dilakukan dengan cara berpartisipasi dalam program vaksinasi dan disiplin menjalankan 6M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Agar hal itu berjalan efektif, penting bagi para orang tua untuk memberikan edukasi terhadap keluarga, terutama untuk anak-anak. Berikut Okezone sajikan tips mengajak si kecil untuk mematuhi protokol kesehatan dengan cara menyenangkan selama #DiRumahAja. Yuk, disimak!

1. Jelaskan Soal Protokol Kesehatan

 

Foto. Freepik

Selama masa pandemi tentu si kecil kerapkali merasakan jenuh #DiRumahAja. Maka dari itu, Anda harus menjelaskan kepada si kecil mengapa ia harus belajar di rumah dan mematuhi protokol kesehatan.

Berikan pemahaman soal virus corona yang mudah menyebar melalui air liur yang keluar saat berbicara, bersin, dan batuk. Gunakan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. Jika memungkinkan sudah ada banyak video edukasi mengaai virus corona serta protokol kesehatan dalam bentuk animasi, lengkap dengan lagu-lagu anak.

2. Masker Motif Lucu

 

Foto. Belikreatiflokal.id

Anak-anak seringkali bosan memakai masker karena merasa panas dan kurang nyaman. Anda bisa mensiasatinya dengan #BeliKreatifLokal masker dengan motif batik hingga karakter lucu.

Masker buatan para pelaku ekonomi kreatif seperti Morikoe, Kerajinan D'Koes, dan Anoy Goni bisa menjadi pilihan buat Anda untuk membeli masker secara online. Dengan begitu, si kecil dijamin akan lebih semangat memakai masker dan semakin #BanggaProdukIndonesia.

3. Bermain Bersama

Foto. Freepik

Jika si kecil mulai kangen bermain bersama teman-temannya, Anda bisa mulai menjalankan tentang pentingnya menjaga jarak agar terhindar dari virus Corona.

Untuk mengobati kerinduan si kecil bermain bersama teman-temannya, Anda bisa mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga jarak dengan sebuah permainan menyenangkan di rumah.

Salah satunya dengan cara merentangkan tangan layaknya pesawat yang sedang terbang. Merentangkan tangan tanpa menyentuh orang lain akan membiasakan anak untuk menjaga jarak dan tidak bersentuhan dengan orang lain sewaktu bepergian.

4. Mencuci Tangan dengan Sabun

Foto. Freepik

WHO menyarankan cuci tangan selama lebih dari 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir. Ini diwajibkan supaya sabun bisa bekerja optimal membasmi kotoran dan virus yang menempel di kulit tangan. Anda bisa mengajarkan si kecil mencuci tangan dengan sabun sambil bernyanyi lagu anak kesukaan si kecil. Dengan demikian si kecil akan semakin menyadari pentingnya mencuci tangan dengan sabun.

Itulah kiat-kiat mengajarkan protokol kesehatan kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Tetaplah bersabar dalam mendidik anak supaya semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan. Lalu, kurangi aktivitas di luar rumah bersama si kecil.

Pentingnya menjaga protokol kesehatan juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. "Saya pesan agar semua disiplin protokol kesehatan. Oleh karena itu kita harus tingkatkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

Foto. wonderfulimage.id

Anda bisa membagikan keseruan saat mengajarkan anak tentang pentingnya protokol kesehatan dengan mengikuti Video Kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Caranya sangat mudah, Anda tinggal membuat konten kreasi video TikTok berdurasi maksimal 15 detik.

Agar semakin kece gunakan efek #DiIndonesiaAja dengan backsound jingle ‘Aku Cinta Indonesia’. Lalu, upload video kreasi tersebut dengan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention @indonesia.travel. Pastikan akun Anda tidak di-private, ya!

Untuk mendapatkan banyak inspirasi seputar destinasi wisata, Anda bisa follow juga akun Instagram @pesonaid_travel. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini