CDC Tak Lagi Bolehkan Orang yang Sudah Divaksin 2 Dosis Lepas Masker

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 481 2447134 cdc-tak-lagi-bolehkan-orang-yang-sudah-divaksin-2-dosis-lepas-masker-MMx54SaYoK.jpg Ilustrasi masker cegah covid-19. (Foto: User3802032/Freepik)

BEBERAPA pekan lalu Amerika Serikat (AS) menyatakan masyarakatnya boleh melepas masker jika sudah mendapat dua dosis vaksin covid-19. Penggunaan masker di luar ruangan dianggap tidak perlu lagi karena merasa sudah aman.

Namun, kebijakan tersebut dikritik keras Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Lembaga kesehatan tersebut sekarang mewajibkan masyarakat AS menggunakan masker sekalipun sudah divaksin covid-19 karena merebaknya kasus Varian Delta.

Baca juga: Varian Delta Plus Mengancam Orang yang Belum Dapat Vaksin Covid-19 

Sebelumnya pada April 2021, CDC juga melonggarkan aturan penggunaan masker. Rekomendasi CDC kala itu berbunyi bahwa orang Amerika yang sudah divaksin lengkap tidak harus menggunakan masker, kecuali berada dalam kerumunan besar.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

"Pedoman baru CDC menyatakan bahwa mereka yang sudah divaksin lengkap tetap harus pakai masker di tempat yang ramai, seperti di bus, pesawat, dan rumah sakit. Di sekolah pun guru, murid, staf, dan pengunjung harus memakai masker saat berada di dalam ruangan," jelas laporan Fox News, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Apakah Vaksin Covid-19 Cukup Kuat Melawan Varian Delta Plus? 

Varian Delta menjadi alasan kuat CDC mengubah pedoman penggunaan masker. Sebab, makin banyak masyarakat yang terpapar Varian Delta di Amerika Serikat sekarang dan ini salah satu penyebabnya karena tidak menggunakan masker.

"Kasus Varian Delta cukup mengkhawatirkan sekarang, sehingga kami merasa harus bertindak dan karena itu pedoman baru ini keluar," kata Direktur CDC dr Rochelle Walensky.

Di sisi lain, Profesor Lawrence Gostin menilai keputusan yang labil dari CDC sangat merugikan, khususnya untuk masyarakat Amerika Serikat.

"Pengumuman dan pedoman yang mereka (CDC) sampaikan soal penggunaan masker tidak lagi menjadi keharusan masyarakat menjadi faktor penyebab meningkatnya kasus," terang Prof Gostin, ahli hukum kesehatan masyarakat dari Universitas Georgetown.

Baca juga: 3 Sifat Varian Delta Plus yang Mengkhawatirkan, Apa Saja? 

Masker. (Foto: Drobotdean/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini