Ahli Ungkap Jenis Masker yang Bisa Melindungi dari Varian Delta

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 481 2447290 ahli-ungkap-jenis-masker-yang-bisa-melindungi-dari-varian-delta-rSdQRtO1QK.jpg Ilustrasi masker cegah Varian Delta Covid-19. (Foto: Drobotdean/Freepik)

VARIAN Delta Covid-19 pertama kali terdeteksi di India. Kemudian baru-baru ini ditemukan di Indonesia. lalu Varian Delta juga dilaporkan sudah mendominasi 83 persen kasus covid-19 di Amerika Serikat.

Mengingat Varian Delta lebih menular dari virus corona Sars-CoV 2 penyebab covid-19, maka setiap orang wajib melindungi diri dengan protokol kesehatan dan vaksinasi. Salah satu prokes paling dasar ialah disiplin menggunakan masker.

Baca juga: CDC Tak Lagi Bolehkan Orang yang Sudah Divaksin 2 Dosis Lepas Masker 

Dikatakan oleh dr Scott Gottlieb, mantan komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), menggunakan masker juga ada aturannya karena tidak bisa sembarangan. Kualitas masker sangat penting, terlebih lagi di kondisi saat ini ketika Varian Delta lebih menular dan sudah mendominasi persebaran kasus covid-19.

Lalu untuk proteksi terhadap paparan Varian Delta, masker jenis apa yang paling optimal memberikan perlindungan? Dokter Scott sendiri menyarankan untuk memakai masker jenis KN95 atau N95.

"Kualitas masker itu penting. Jadi jika Anda bisa mendapatkan masker KN95 atau N95, itu akan memberi Anda lebih banyak perlindungan," ungkap dr Scott, seperti dikutip laman Fox News, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Beredar Kabar Boleh Lepas Masker Usai Divaksin Covid-19, Ini Faktanya 

Ia menyampaikan, berbeda dengan masa awal pandemi ketika terjadi kelangkaan masker, saat ini masker sudah jauh lebih banyak tersedia dengan berbagai ragam, maka itu ia mengingatkan untuk tidak sembarangan membelinya. Pasalnya, kualitas dari masker benar-benar harus diperhatikan dengan baik.

Adapun masker jenis KN95 atau N95 diketahui dirancang memang menyaring 95 persen partikel yang beredar. Saat ini Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan agar masker jenis N95 diprioritaskan sebagai APD untuk para tenaga kesehatan.

Selain nakes, CDC juga merekomendasikan orang-orang yang termasuk pekerja esensial dan para pekerja yang secara rutin memakai masker sebelum pandemi untuk terus memakai masker N95.

Baca juga: Kapan Orang Wajib Pakai Masker? 

Terkait masker jenis tertentu yang dinilai bisa memberikan proteksi lebih baik dalam melawan Varian Delta. Saat ini diketahui CDC juga belum mengeluarkan panduan spesifik yang menunjukkan bahwa masker tertentu mungkin menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap Varian Delta.

CDC menyarankan untuk memilih masker dengan dua atau lebih lapisan kain yang dapat dicuci dan bernapas yang sepenuhnya bisa menutupi hidung serta mulut. Masker harus pas di sisi wajah tanpa celah, dan memiliki kawat hidung untuk mencegah bocornya udara dari atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini