Pasien Isolasi Mandiri Tak Perlu Cemas Akan Kebutuhan Obat dan Vitamin

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 481 2447364 pasien-isolasi-mandiri-tak-perlu-cemas-akan-kebutuhan-obat-dan-vitamin-yW6fGX8iam.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PASIEN Isolasi Mandiri Covid-19 wajib dipantau tenaga kesehatan. Pasien isoman kini bisa memanfaatkan layanan kesehatan online (telemedicine) selama pandemi Covid-19.

Pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/4829/2021 mengeluarkan Pedoman Pelayanan Kesehatan Melalui Telemedicine pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pelayanan kesehatan jarak jauh harus semakin mudah diakses menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Gunanya untuk pemberian informasi kesehatan, diagnosis, pengobatan, pencegahan perburukan, evaluasi kondisi kesehatan pasien, dan/atau pelayanan kefarmasian.

 isolasi'

Termasuk untuk pemantauan terhadap pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri. Tenaga kesehatan di faskes terdekat harus melakukan pemantauan.

Dituturkan Faren dari Lifepack & Jovee, sejalan dengan pedoman yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, layanan kesehatan secara online kini semakin mudah masyarakat. Khususnya bagi mereka yang isolasi mandiri Covid-19.

"Namun isolasi mandiri hanya diperbolehkan untuk pasien Covid-19 gejala ringan hingga sedang,” ungkap Faren lewat keterangannya.

Saat ini, ungkapnya, kapasitas rumah sakit dikhususkan untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat. Untuk gejala ringan, Anda bisa isoman di rumah namun harus tetap konsultasi dengan dokter.

Di samping telemedicine, apotek online juga sangat dibutuhkan pasien isoman. Seiring banyaknya jenis obat Covid-19 yang dicari untuk mengurangi gejala.

"Pasien tak perlu khawatir untuk dapat memenuhi kebutuhan obat dan vitamin selama isolasi mandiri," tambahnya.

Ada banyak jenis obat maupun vitamin yang dicari pasien. Seperti vitamin D, vitamin C, juga Zinc. Begitu juga dengan obat yang dicari seperti Oseltamivir, Azithromycin hingga Avigan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini