Ibu Positif Covid-19 Boleh Menyusui Bayinya, Ini 5 Cara Amannya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 23:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 481 2447584 ibu-positif-covid-19-boleh-menyusui-bayinya-ini-5-cara-amannya-YFXT0jBdns.jpg Ilustrasi ibu menyusui. (Foto: Freepik)

AIR susu ibu (ASI) merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk bayi. Pemberian ASI dari ibu ke bayinya sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang serta daya tahan tubuh si kecil.

Oleh karena itu, ibu tidak boleh berhenti menyusui bayinya meskipun dalam kondisi terkonfirmasi positif covid-19. Lantas bagaimana cara yang aman ibu positif covid-19 menyusui bayinya?

Baca juga: 4 Tips Belanja Online saat Pandemi Covid-19 

"Jika seorang ibu terkonfirmasi atau diduga terinfeksi covid-19, ibu tetap aman menyusui. Karena, virus covid-19 tidak terdeteksi di dalam ASI ibu yang terinfeksi," kata pakar nutrisi UNICEF Indonesia Ninik Sukotjo dalam webinar 'Perlindungan Menyusui Tanggung Jawab Bersama', Rabu (28/7/2021).

Dia menambahkan, menyusui dan inisiasi menyusui dini (IMD) bahkan dapat mengurangi risiko kematian bayi secara signifikan. Menyusui bayi juga mempunyai manfaat yang lebih besar dibanding potensi risiko penularannya.

"Tidak ada alasan untuk menghindari atau berhenti menyusui pada masa pandemi, termasuk mereka yang positif covid-19," jelas Ninik.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum ibu positif covid-19 menyusui bayinya, yaitu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Berikut tips aman menyusui bagi ibu yang positif covid-19.

Baca juga: Girls, Ini 4 Tanda Cowok Nyaman Pacaran Denganmu! 

1. Mencuci tangan

Sebelum memberikan ASI kepada buah hati, ibu harus mencuci tangannya dengan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan adalah bagian dari protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah potensi penularan covid-19 dari ibu ke anak.

2. Menggunakan makser dengan tepat

Selanjutnya yang terpenting adalah memakai masker dengan tepat sebelum menyusui bayi. Menggunakan masker dapat mencegah potensi penularan covid-19 dari droplet ibu ke anak.

3. Menghindari pegang mata, hidung, mulut

Setelah mencuci tangan, hindari memegang mata, hidung, dan mulut.

4. Bersihkan permukaan benda

Selain itu yang tidak boleh terlewat adalah menjaga kebersihan rumah atau ruangan menyusui. Sebelum menyusui, disarankan membersihkan permukaan benda dengan disinfektan, khususnya benda-benda yang sering disentuh atau kemungkinan kena percikan air liur atau droplet ibu.

Baca juga: Pasien Isolasi Mandiri Tak Perlu Cemas Akan Kebutuhan Obat dan Vitamin 

5. Pakai alternatif ketika ibu tak sanggup menyusui

Saat ibu positif covid-19 tidak sanggup menyusui buah hati secara langsung, maka ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan. Di antaranya memerah ASI, mencari donor ASI atau ibu susu, dan pilihan terakhirnya adalah menggunakan susu formula bayi.

"Donor ASI hanya dapat didapatkan di fasiltas-fasilitas kesehatan yang memang menyediakan. Kemudian untuk ibu susu itu perlu diperhatikan juga keamanannya. Ini hanya bisa dilakukan di kondisi mendesak," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini