Banyak Kemasan Plastik Aman Digunakan Ulang, Edukasi Pilah Sampah Penting Dilakukan

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 612 2447360 banyak-kemasan-plastik-aman-digunakan-ulang-edukasi-pilah-sampah-penting-dilakukan-1wtUSp0NWC.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

POTENSI timbulan sampah plastik ternyata banyak ditemukan di rumah tangga. Masyarakat Indonesia pun harus mulai belajar memilah sampah di rumah.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia menghasilkan lebih dari 60 juta ton sampah setiap tahunnya. Setengahnya merupakan sampah organik rumah tangga dan sekitar 20% lainnya adalah sampah plastik.

Christine Halim dari Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), plastik PET menjadi sampah rumah tangga paling banyak. Tak ada salahnya Anda bisa mendaur ulang limbah plastik itu dengan baik.

"Di dunia saat ini plastik jenis PET yang memiliki demand yang tinggi di industri daur ulang," katanya lewat keterangannya.

Pet

Dijelaskan lagi, PET adalah jenis plastik yang banyak digunakan sebagai bahan baku produk plastik, seperti kemasan botol dan galon air minum karena sifatnya yang unggul, diantaranya berwarna jernih, ringan, mudah dibentuk, tidak mudah pecah.

Menurutnya, kemasan plastik PET lebih higienis dan aman digunakan, serta mudah didaur ulang walau di rumah. Anda bisa mendaur ulang sampah dari barang berguna, seperti pot tanaman, bak air, atau benda lainnya.

Ditambahkan Ronald Atmadja dari Le Minerale, edukasi memilah sampah bisa dilakukan di rumah tangga dan lingkungan masyarakat. Anda bisa belajar bagaimana pengelolaan sampah plastik mulai dari pengumpulan hingga pemrosesannya.

"Edukasi memilah sampah ini penting, karena siapapun bisa bersama-sama mengelola sampah," kata Ronald.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini