Pasien Isoman Tak Perlu Konsumsi Obat Steroid, Paracetamol Cukup

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 612 2447472 pasien-isoman-tak-perlu-konsumsi-obat-steroid-paracetamol-cukup-YvSRliapxQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PASIEN isolasi mandiri (isoman) memang hanya dikhususkan untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan. Meski demikian, bukan berarti pasien tersebut tidak berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumi obat.

Tapi, bukan hanya pasien bergejala ringan saja yang boleh isolasi mandiri. Ada beberapa pasien bergejala sedang yang memilih atau terpaksa isolasi mandiri karena rumah sakit yang penuh.

Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan, sebelum menjalani isolasi mandiri pasien bergejala sedang, seharusnya sudah diperiksa dulu oleh dokter. Sebab jika pasien tidak bergejala sampai bergejala ringan resepnya hanya paracetamol, obat demam, obat batuk, namun berbeda halnya dengan pasien dengan gejala sedang.

"Kalau seseorang bergejala sedang berarti ada pneumonia yakni bercak putih pada paru kalau di-rontgen. Ini dokter yang menentukan, apakah perlu diberikan antibiotik, antivirus, obat-obatan yang lain atau bahkan perlu dirawat karena memiliki komorbid,” ujar dr. Fajri dalam sesi wawancara dengan Inews.

Dia melanjutkan, jika seseorang sudah memasuki gejala sedang, maka harus segera melakukan konsultasi dengan dokter. Sebab dari sudut pandang medis, dokter pun tidak menyarankan pasien untuk meresepkan obat sendiri. Yang penting juga, jangan meresepkan obat steroid sendiri tanpa konsultasi maupun saran dari dokter.

“Seseorang justru dilarang dan harus menghindari meminum steroid kalau dalam fase awal. Kalau kritis baru rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) boleh untuk mengonsumsi steroid, tapi kalau di bawah gejala kritis tidak boleh," kata dia.

"Sebab nantinya akan memperburuk keadaan karena merusak sistem imun atau kekebalan tubuh untuk menyerang virus (menekan sistem imun) yang ujungnya akan membuat kondisi menjadi semakin berat,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini