Benarkah Jenazah Covid-19 Menularkan Virus ke Orang Lain? Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 481 2447809 benarkah-jenazah-covid-19-menularkan-virus-ke-orang-lain-ini-faktanya-qa0hIrlc1O.jpg Pemakaman jenazah covid-19. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

LONJAKAN kasus covid-19 di Tanah Air banyak sekali memakan korban jiwa. Sejumlah orang kehilangan kerabat terdekat dan terkasih karena wabah penyakit ini. Mirisnya, masih ada sebagian orang yang menolak jenazah covid-19 karena takut menularkan virus kepada orang yang ada di sekitarnya.

Sebagaimana diketahui, sejak pandemi covid-19 muncul pertama kali di Indonesia, banyak orang menolak jenazah pasien covid-19. Bahkan, ada oknum-oknum yang menghadang ambulans jenazah covid-19 yang hendak menuju permakaman.

Baca juga: Dosis Ketiga Vaksin Pfizer Tingkatkan Antibodi Melawan Varian Delta 

Alasan utamanya karena takut menularkan virus ke lingkungan sekitar. Lantas, apakah klaim jenazah covid-19 bisa menularkan virus ke orang lain benar adanya?

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Kamis (29/7/2021), berikut fakta sebenarnya mengenai jenazah covid-19 yang diklaim bisa menularkan virus kepada orang lain.

Ilustrasi virus covid-19. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

1. Belum ada bukti bahwa jenazah orang yang terinfeksi bisa menularkan virus corona, namun bisa terjadi jika ada proses autopsi paru-paru pasien yang tidak ditangani dengan benar.

2. Risiko infeksi bisa saja terjadi jika terkena cairan tubuh atau sekresi yang keluar dari tubuh jenazah.

3. Perhatikan dekontaminasi dengan disinfektan lingkungan jenazah. Kemungkinan banyak virus yang menempel pada barang di sekitar jenazah.

Baca juga: IDI: Apa pun Variannya, Lawan Covid-19 dengan Prokes dan Vaksinasi 

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan perlunya penanganan khusus terhadap jenazah pasien covid-19.

Sementara masyarakat diminta tidak perlu risau dengan penularan covid-19 dari jenazah, sebab dengan penanganan yang tepat, virus kemungkinan besar tidak akan menular ke orang lain.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini