Mengapa Seorang Anak Bisa Terkena Stunting? Begini Penjelasannya

MNC Media, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 481 2447813 mengapa-seorang-anak-bisa-terkena-stunting-begini-penjelasannya-yucyhlhutU.jpg Podcast RCTI+

KAMU lagi mencari sesuatu yang nggak ngebosenin sekaligus bisa menambah ilmu selama di rumah aja di masa pandemi seperti sekarang? Ada yang cocok nih! Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus kembali lagi untuk memberikan tips dan info seputar kesehatan.

Di episode kali ini, dr. Nadia akan membahas tentang stunting, yaitu sebuah gangguan pertumbuhan pada anak! Penasaran bakal gimana pembahasannya? Langsung aja dengerin di RCTI+ yuk!

Apa sih stunting itu? Dr. Nadia menjelaskan kalau stunting adalah salah satu gangguan tumbuh kembang yang bisa terjadi pada anak, jadi biasanya seorang anak perawakannya pendek. Nah, kira-kira kenapa seorang anak bisa terkena stunting? Ternyata banyak faktornya loh!

Podcast

Dr. Nadia menjelaskan kalau stunting bahkan bisa disebabkan oleh hal yang kelihatannya sederhana, tapi berdampak sangat besar. “Jadi memang stunting itu bisa disebabkan oleh faktor genetik (Embed “genetik”), terus bisa disebabkan karena sanitasi yang kurang baik, terus juga kurangnya asupan nutrisi selama kehamilan,” ungkap dr. Nadia.

Menurut dr. Nadia, asupan nutrisi sangat berhubungan dengan 1000 hari pertama kehidupan, yaitu sejak anak di dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Seluruh orang tua wajib banget memperhatikan nutrisi yang diterima anak mereka. Kondisi seorang anak di masa depan nanti entah 20 atau 30 tahun yang akan datang, ditentukan sejak hari pertama ia ada di dalam kandungan.

Penasaran bagaimana kelanjutan penjelasan dr. Nadia? Yuk dengarkan selengkapnya di Podcast Kata Dokter hanya di RCTI+.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini