Waspadai Silent Spreader, IDAI: Orangtua Tak Perlu Khawatir Anak Divaksin Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 481 2447991 waspadai-silent-spreader-idai-orangtua-perlu-khawatir-anak-divaksin-covid-19-BPGgg1fbkH.jpg Ilustrasi (Foto : News Medical)

KETUA Satgas Perlindungan Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Eva Devita Harmoniati, SpA(K) mengungkapkan, 1 dari 8 orang yang terinfeksi Covid-19 adalah anak. Gejala klinis Covid-19 pada anak sama dengan orang dewasa bisa ringan sampai berat dan menyebabkan kematian.

Namun, fakta menarik lainnya adalah sebanyak 20% anak yang terinfeksi Covid-19 bisa tidak menunjukkan gejala klinis. Alhasil anak-anak berpotensi menjadi silent spreader yang bisa menularkan Covid-19 ke kelompok yang lebih rentan.

Anak Covid-19

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data yang dihimpun Pemprov DKI Jakarta pada 17 Juni 2021, tercatat ada 661 kasus Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun. Sebanyak 144 di antaranya adalah kelompok anak di bawah lima tahun (Balita).

“Saat ini program vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun telah dimulai. Oleh sebab itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka orangtua dan anak harus segera mengikuti vaksinasi Covid-19 agar dapat melindungi diri dan orang lain di sekitarnya dari infeksi Covid-19,” kata Eva, dalam Media Briefing ‘Suara Anak Tentang Vaksin’, Kamis (29/07/2021).

Baca Juga : Suara Anak tentang Vaksin: Tingkatkan Imun Supaya Tidak Kena Corona

Vaksinasi Anak

Saat ini masih banyak orangtua yang ragu dengan keamanan dan efek samping yang ditimbulkan pada anak usai divaksinasi Covid-19. Alhasil mereka menahan anak-anaknya untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga : BKKBN: Covid-19 Klaster Keluarga Bisa Dicegah dengan Vaksinasi Ibu dan Anak

Seorang anak penerima vaksin Covid-19 asal Surabaya, Cantika (13), mengatakan bahwa ia melihat masih ada anak yang tidak diperbolehkan oleh orangtuanya untuk mendapatkan vaksin. Hal ini disebabkan karena para orangtua takut terhadap efek samping vaksin.

“Efektivitas dan keamanan vaksinasi Covid-19 pada anak sangat baik. Sehingga para orangtua tidak perlu khawatir dengan kesehatan dan keselamatan anak-anaknya yang menerima vaksin Covid-19. Selain itu masyarakat juga perlu melakukan protokol Kesehatan dengan benar dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, tidak keluar rumah kecuali alasan penting,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini