Catat! Pasien Positif Covid-19 dengan Kategori Ini Dilarang Isolasi Mandiri

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 481 2448008 catat-pasien-positif-covid-19-dengan-kategori-ini-dilarang-isolasi-mandiri-eyENgbPUyJ.jpg Jubir Pemerintah Penanganan Covid-19 Prof Wiku (Foto : YouTube/Sekretariat Presiden)

TAK semua orang yang positif terinfeksi Covid-19 bisa dan boleh melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal iini ditegaskan oleh Prof. Wiku Adisasmito, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19.

Prof Wiku menjelaskan, ada kategori pasien Covid-19 tertentu yang tidak disarankan untuk isolasi mandiri di rumah. Hal ini dilihat dari gejala, usia, komorbid hingga kondisi tempat isolasi itu sendiri.

Prof Wiku

“Jika Anda termasuk yang punya gejala sedang atau berat, usianya di atas 45 tahun, memiliki komorbid (penyakit penyerta) atau tak memiliki tempat memadai. Kami mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri sendiir. Manfaatkan tempat isolasi mandiri terpusat yang sudah disediakan oleh pemerintah di wilayah Anda,” jelas Prof Wiku, dalam siaran langsung Keterangan Pers Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga : Pasien Isolasi Mandiri Tak Perlu Cemas Akan Kebutuhan Obat dan Vitamin

Tempat isolasi mandiri terpusat yang disediakan oleh pemerintah, dikatakan oleh Prof Wiku tentunya lebih memadai karena dipantau langsung oleh para tenaga kesehatan professional. Sehingga meminimalisasi resiko keterlambatan tindakan penanganan, jika suatu saat kondisi pasien memburuk.

“Perawatan di tempat isoman terpusat dipantau langsung tenaga kesehatan, dipantau baik tanda vital, gejala, pola makan, dan obat-obatannya. Sehingga jika terjadi perburukan, langsung bisa ditangani,” lanjutnya.

Jika memutuskan cukup isolasi mandiri sendiri, pastikan Anda atau pasien adalah tanpa gejala atau hanya mengalami gejala ringan, berusia kurang dari 45 tahun, tidak punya penyakit penyerta serta punya tempat isolasi pribadi yang memadai. Tujuannya, agar bisa menghindari kontak dekat dengan anggota keluarga lainnya yang tinggal satu rumah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini