Satgas Covid-19: Tenaga Kesehatan Prioritas Penerima Vaksin Booster Moderna

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 481 2448067 satgas-covid-19-tenaga-kesehatan-prioritas-penerima-vaksin-booster-moderna-gVCYYbFfUp.jpg Vaksin Moderna (Foto : Marca)

SEIRING dengan terus berjalannya program vaksinasi nasional, baik dari skema program pemerintah atau pun gotong royong dari kalangan swasta, sebagian masyarakat Indonesia kini sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Baik itu dosis pertama atau pun sudah lengkap dosis kedua.

Berbeda dengan masyarakat umum, untuk para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dari penanganan pandemi Covid-19, Kementerian Kesehatan saat ini tengah memfokuskan pemberian dosis vaksin yang ketiga atau booster untuk kurang lebih sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan di seluruh provinsi di Indonesia dengan menggunakan vaksin Moderna.

Prof Wiku

Lalu apakah jika vaksin booster tersebut bersisa, apakah ada wacana akan diberikan untuk masyarakat umum? Menjawab pertanyaan ini, Prof. Wiku Adisasmito, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menyebutkan sampai saat ini fokus dan prioritas penerima vaksin dosis ketiga masih untuk kelompok tenaga kesehatan.

“Prioritas penerima vaksin booster saat ini adalah tenaga kesehatan sebagai populasi berisiko dan vital dalam mendukung upaya kesehatan di masyarakat, terutama di masa pandemi ini,” kata Prof. Wiku dalam ssiaran langsung Keterangan Pers Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga : Sudah Suntik Vaksin Sinovac, Amankan Nakes Dibooster Moderna?

Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Mulai dari level risiko hingga vaksinasi. “Vaksin didisitribusikan pemerintah dengan mempertimbangkan risiko, perhitungan stok vaskin, dan kecepatan laju vaksinasi. Oleh karena itu, prioritas penerima vaksin booster saat ini adalah tenaga kesehatan,” tutup Prof. Wiku singkat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini