Sudah 3.800 Nakes Terima Vaksin Covid-19 Ketiga Moderna

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 612 2447718 sudah-3-800-nakes-terima-vaksin-covid-19-ketiga-moderna-jnCp0zX2dd.jpg Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH tengah memberikan suntikan ketiga Vaksin Covid-19 kepada para tenaga kesehatan (nakes). Adapun vaksin yang digunakan untuk booster adalah milik moderna.

Pemberian dosis ketiga ini pun sudah dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) sejak pekan kemarin. Sebanyak 50 guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ditunjuk sebagai penerima dosis ketiga tersebut.

Data lanjutan mengenai pelaksanaan vaksin booster untuk nakes disampaikan Ketua Pelaksana Harian Tim Mitigasi Dokter Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Mahesa Paranadipa Maikel, sudah semakin banyak nakes yang diberikan dosis ketiga.

"Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), vaksin ketiga sudah diberikan ke 3.800 nakes di 14 rumah sakit vertikal di bawah koordinasi Kemenkes," katanya dalam konferensi pers virtual.

Lalu, untuk pelaksanaan vaksin booster di daerah-daerah, luar Jawa-Bali, sampai saat ini kata dr Mahendra, sedang dalam proses distribusi. "Dengan begitu, proses pemberian vaksin booster di daera-daerah bisa dilakukan," tambahnya.  

Hal tersebut dibenarkan perwakilan IDI Jambi, dr Nirwan Satria, Sp.An, bahwa untuk di wilayahnya, informasi terbaru yang diterima vaksin ketiga masih dalam proses distribusi. "Info yang kami terima, vaksin ketiga lagi dikirim," konfirmasinya.

Menurutnya, karena vaksin yang digunakan adalah Moderna, jadi proses pengirimannya memang berbeda dengan Sinovac. "Vaksin booster ini dikirim dengan suhu dan tempat khusus," terangnya. 

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini