Pandemi Bisa Sebabkan Burnout Pekerja, Begini 4 Cara Mencegahnya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 612 2447723 pandemi-bisa-sebabkan-burnout-pekerja-begini-4-cara-mencegahnya-hY2tvNSA4d.jpg Ilustrasi pekerja mengalami burnout akibat pandemi covid-19. (Foto: Yanalya/Freepik)

PANDEMI covid-19 turut memengaruhi kesehatan mental para pekerja, baik bagi mereka yang bekerja dari rumah maupun di kantor. Kadangkala stres yang tidak tertangani bisa memicu burnout. Apa itu?

Istilah burnout sendiri merupakan suatu kondisi stres berat yang dipicu oleh pekerjaan. Psikolog Prita Yulia Maharani MPsi mengatakan kondisi tersebut memiliki dampak yang menyebabkan para pekerja menjadi frustrasi dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tidak jarang, burnout membuat produktivitas menurun.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Kurangi Burnout Akibat Pandemi Covid-19 

"Burnout seringkali menjadi masalah bagi karyawan saat sedang melakukan rutinitas pekerjaan. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang yang mengharuskan karyawan bekerja di rumah," kata Prita dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Kamis (29/7/2021).

Dia mengatakan, kondisi burnout bisa ditandai dengan stres berat, frustrasi, kurang motivasi, hingga mudah merasa lelah. Oleh karena itu, burnout perlu ditangani agar tidak menghasilkan dampak berkepanjangan.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

"Burnout dapat mengganggu ketenangan emosional. Karyawan perlu mengubah cara kerja menjadi efektif untuk dirinya sendiri. Dengan demikian, seberat apa pun tingkat pekerjaan yang diberikan akan dapat diselesaikan dengan baik," ujarnya.

Beberapa cara berikut ini bisa mengatasi burnout, seperti dirangkum dari laman Mayoclinic:

Baca juga: 83% Tenaga Kesehatan Burnout, Masyarakat Diminta Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan 

1. Evaluasi dan mencari dukungan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi cara kerja Anda. Anda bisa membicarakannya dengan atasan terkait masalah yang dialami. Selain itu, Anda bisa mencari dukungan, entah itu dari atasan, rekan kerja, keluarga, maupun orang-orang yang dicintai.

2. Coba aktivitas menenangkan

Di waktu senggang, cobalah mencari aktivitas yang menenangkan untuk menghilangkan stres. Contohnya olahraga atau menjalani hobi lainnya.

Baca juga: Kejar Target Akhir Tahun, Hati-Hati Malah Burnout 

3. Mulai olahraga rutin

Cara mengatasi burnout rupanya juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda mengatasi stres dengan lebih baik. Itu juga bisa mengalihkan pikiran dari pekerjaan.

4. Tidur cukup

Selanjutnya mendapatkan tidur yang cukup. Tidur dapat memulihkan energi dan membantu melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini