Stres di Tengah Pandemi Covid-19, Coba Atasi dengan 4 Cara Ini

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 612 2447732 stres-di-tengah-pandemi-covid-19-coba-atasi-dengan-4-cara-ini-p3XUZsD0tS.jpg Stres di tengah pandemi (Foto: Todays parent)

PANDEMI Covid-19 belum terlihat tanda-tanda akan berakhir. Bahkan akhir-akhir ini jumlah kasus positif Covid-19 malah melonjak.

Akibatnya menimbulkan penurunan kondisi kesehatan masyarakat. Tidak hanya kesehatan fisik, namun juga masalah mental berupa stres.

Menurut Laporan Risiko Global 2021 (Global Risks Report 2021), yang diterbitkan oleh World Economic Forum (WEF) 80% anak muda di seluruh dunia tercatat mengalami penurunan kondisi kesehatan mental selama pandemi. Salah satu faktor pemicu stres adalah penatnya pikiran akhibat kurang rileks. Ketegangan pikiran juga dampak memicu hormon stress yang mempengaruhi perilaku serta emosi seseorang.

Seperti dilansir dari Guardian seorang Profesor Saraf dan Psikologi Klinis dari Cambridge University Barbara Sahakian menjelaskan, terdapat 4 cara untuk mengatasi stres akibat pandemi.

 olahraga

1. Olahraga

Tidak hanya berfungsi untuk menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh saja, olahraga ternyata berfungsi untuk melatih serta meningkatkan kinerja otak. Selain itu, olahraga dinilai mampu memulihkan kondisi otak seseorang.

2. Mendengarkan Musik

Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik mampu menurunkan kadar hormon kortisol, zat yang juga dikenal sebagai hormon stres, pada tubuh seseorang.

Cobalah untuk rutin mendengarkan musik yang Anda sukai agar terhindar dari stres kronis. Coba dengarkan musik yang Andai sukai di Youtube.

3. Yoga

Olahraga seperti Yoga yang juga berfungsi sebagai meditasi sangat direkomendasikan oleh para ahli untuk dilakukan oleh seseorang di masa pandemi ini.

Dengan melakukan meditasi, manusia diharapkan menjadi lebih tenang dan mampu mengontrol stress pada dirinya yang mana hal tersebut juga berdampak terhadap meningkatnya fungsi memori otak.

Jika Anda kesulitan yoga, terdapat fungsi soal mental health pada aplikasi Fitness Myfitsociety meliputi fitur relaksasi dan fitur yoga. Fitur relaksasi membantu pemakai untuk melatih pikiran berupa meditasi dengan panduan sesuai kebutuhan serta kondisi emosi dan perasaan user.

Beberapa goals yang disedikan adalah untuk mengatasi depresi, pengembangan diri serta membentuk diri menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Durasi meditasi tersebut beragam mulai dari 5 menit hingga 20 menit. Fitur relaksasi ini juga menghadirkan ambience berupa suara-suara yang memberikan ketenangan dan rasa nyaman saat bermeditasi.

Fitur relaksasi sendiri dapat dinikmati dengan mudah, kapan saja dan dimana saja secara gratis. Hanya dalam waktu kurang dari 10 menit saja, user sudah bisa merasakan relaksasi.

“Kondisi rileks merupakan salah satu stress reducer utama, tapi sayangnya justru banyak orang yang sulit untuk mendapatkan ketenangan karena kesibukan. Di sisi lain kebanyakan orang juga sulit menciptakan suasana rileks. Aplikasi ini mencoba memfasilitasi dengan panduan meditasi dan relaksasi yang mendukung agar relaksasi dan kesehatan mental bisa lebih berkualitas,” ujar Alvin, Founder Myfitsociety.

Fitur dengan fungsi mental health lainnya adalah fitur Yoga. Fitur ini menyuguhkan beragam jenis gerakan yoga mulai dari level pemula, menengah hingga mahir. Makanya kini saatnya Anda belajar yoga sebab membantu meredakan stres.

4. Makan sehat

Makanan yang sehat merupakan sumber energi yang baik. Dengan makanan yang sehat dan lezat maka pikiran kita bisa lebih tenang. Apalagi mengonsumsi makanan yang Anda sukai, ini bisa menimbulkan efek senang dan rileks.

Oleh karena itu tak heran, banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli makanan kesukaannya sebab menimbulkan rasa senangn dan relaksasi saat stres.

"Saya lebih suka membeli makanan lezat kesukaan meskipun mahal jika sedang stres," ujar Finne, yang mengaku makanan lezat bisa mengurangi stres.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini