275 Daerah Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2021

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 612 2447874 275-daerah-raih-penghargaan-kota-layak-anak-2021-silLAHkjQZ.jpg Ilustrasi Kota Layak Anak. (Foto: Pressfoto/Freepik)

KEMENTERIAN Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kembali memberikan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021. Kali ini penghargaan tersebut diberikan kepada 275 daerah.

Penghargaan itu diberikan kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak. Ini dilakukan melalui proses evaluasi oleh tim dari Kementerian PPPA, tim dari kementerian atau lembaga, serta tim independen.

Baca juga: Sempat Tertunda, Penerima Penghargaan Kota Layak Anak Meningkat pada 2021 

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media serta dunia usaha.

Mereka secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan membentuk kebijakan, program, serta kegiatan yang ditujukan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga.

Komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial dan bahkan menjadi syarat dalam terpenuhinya hak serta perlindungan khusus anak, mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat kompleks dan multisektoral.

"Anak juga hidup di dalam sebuah sistem yang tidak dapat dilepaskan darinya, baik itu keluarga, sekolah, masyarakat, bahkan kebijakan, budaya, dan waktu. Sehingga seluruh upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak harus terintegrasi dengan seluruh sistem yang melingkupi anak," terangnya saat acara Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021 secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Anak Bisa Alami Stres Akibat Pandemi Covid-19, Kenali Gejalanya 

Lebih lanjut Menteri Bintang menerangkan bahwa dasar hukum pelaksanaan program KLA di Indonesia menjadi lebih kuat setelah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

KLA diamanatkan oleh Undang-Undang Perlindungan Anak yang juga didukung oleh Undang-Undang Pemerintahan Daerah sehingga diharapkan KLA menjadi prioritas dalam pemerintahan daerah.

Kemudian dalam UU Pemda dipertegas bahwa urusan pemerintahan di bidang perlindungan anak merupakan urusan wajib non-pelayanan dasar yang harus dilakukan oleh pemerintah dan didukung oleh masyarakat, media, serta dunia usaha sebagai empat pilar pembangunan anak.

Baca juga: Selama Pandemi, Anak Indonesia Kurang Gerak dan Rendah Paparan Matahari 

Daerah yang meraih penghargaan KLA 2021 ada 275, terdiri dari kota, kabupaten, dan provinsi. Menteri Bintang berharap daerah yang mendapatkan prestasi baik bisa menjadi inspirasi dan membagikan praktik-praktik baiknya untuk daerah lain, sehingga maju bersama sebagai kesatuan Indonesia.

"Dengan bergandeng tangan, di mana seluruh pemangku kepentingan menciptakan lingkungan yang positif, suportif, dan ramah anak; yakinlah Indonesia akan bangkit menjadi negara yang maju dan hebat, menuju Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045. Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini