4 Rekomendasi Barang yang Dibutuhkan Nakes untuk Tangani Pasien Covid-19

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 612 2448120 4-rekomendasi-barang-yang-dibutuhkan-nakes-untuk-tangani-pasien-covid-19-FlsjY7tEoG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DONASI untuk tenaga kesehatan (nakes) yang melayani pasien Covid-19 digalang oleh beberapa kalangan. Jika Anda ingin ikut, sesuatu yang diberikan bukan cuma uang loh.

Donasi tersebut biasanya akan diberikan kepada rumah sakit yang menampung pasien Covid-19. Untuk saat ini misalnya, dari kalangan selebriti hingga komunitas lainnya memberikan donasi Covid-19 kepada para tenaga medis.

Baca Juga: Baik untuk Pemulihan, Ini Resep Sup Ayam Herbal China

Jika bingung ingin mendonasikan barang apa, Okezone berikan rekomendasinya. Ditulis Kamis (29/7/2021), ini dia ulasannya.

Alat Pelindung Diri (APD)

 nakes

Tenaga medis masih membutuhkan APD dalam menangani pasien Covid-19. APD berupa sarung tangan, masker hingga penutup kepala. Pemerintah serta beberapa donatur sekarang ini banyak APD untuk para nakes di Indonesia.

Vitamin

Tenaga kesehatan memiliki peran penting dalam mengatasi Covid-19. Untuk menjaga stamina, tentunya para tenaga medis membutuhkan tambahan multivitamin. Dari mulai suplemen, vitamin C, juga beberapa jenis multivitamin lainnya untuk menjaga imunitas.

"Mereka yang melayani pasien berbagai rumah sakit dan layanan kesehatan harus semangat dan tetap sehat melawan Covid-19,” kata Hari Nugroho dari Kalbe Farma, lewat keterangannya.

Masker

Masker medis sangat dibutuhkan oleh para nakes. Mereka yang melayani pasien Covid-19 perlu menerapkan protokol kesehatan memakai masker. Menariknya lagi, masker juga bisa dipakai oleh pasien. Saat ini stok masker pun melimpah, namun Anda perlu memerhatikan label masker medis atau bukan.

Handsanitizer

Handsanitizer juga menjadi benda wajib di masa pandemi ini. Nakes maupun pasien membutuhkan handsanitizer yang mengandung alkohol 70 persen untuk membersihkan tangan.

Hari mengatakan, jika Anda ingin berdonasi ya harus disalurkan ke lembaga resmi. Misalnya lewat instansi pemerintah, yang nantinya akan diberikan ke berbagai komunitas masyakarat atau rumah sakit yang membutuhkan.

Di Jakarta misalnya, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), RSUP Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, RSPAD, RSUP Fatmawati, RSUD Bekasi, RS Tzu Chi, RSUD Pasar Rebo, RSUD Tarakan, RSDC Wisma Atlet, RSUD Cengkareng dan RSDC Wisma Haji Pondok Gede.

Lalu di luar Jakarta antara lain RSUP dr. Kariadi Semarang, RSUP dr. Sardjito Jogjakarta, RSUD Dr.Soetomo Surabaya, RSUD Moewardi Surakarta dan RSUD dr.Loekmono Hadi Kudus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini