Vaksinasi Covid-19 di Amerika Mudah Didapat di Apotek dan Gratis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 481 2448303 vaksin-covid-19-di-amerika-mudah-didapat-di-apotek-dan-gratis-XxStT9t5Me.jpg Penyuntikan vaksin covid-19 di apotek Amerika Serikat. (Foto: Instagram @voaindonesia)

SUDAH bukan rahasia lagi bahwa mendapatkan vaksinasi covid-19 di Amerika Serikat semudah membeli obat pasaran. Datangi klinik atau apotek, isi data, dan vaksin diterima.

Hal tersebut dibuktikan melalui siaran video VOA Indonesia belum lama ini. Dalam video tersebut, warga negara Indonesia bernama Omar K Prawiranegara menceritakan kalau dirinya begitu dipermudah untuk mendapatkan vaksinasi covid-19.

Baca juga: Dosis Ketiga Vaksin Pfizer Tingkatkan Antibodi Melawan Varian Delta 

"Hanya butuh kartu identitas, isi data yang disediakan apotek, selesai," katanya dalam video tersebut. Pendaftarannya sendiri bisa dilakukan melalui daring atau langsung di tempat.

Menariknya lagi, dia membeberkan kalau vaksin covid-19 yang disediakan di apotek itu gratis alias tidak ada biaya sama sekali yang dibebankan ke masyarakat. "Gratis ya. Palingan kita bayar parkir saja," ungkapnya.

Ilustrasi vaksin covid-19.

Benar, vaksinasi covid-19 di Amerika Serikat didapat dengan begitu mudahnya oleh masyarakat. Hal itu pun diatur dalam laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) bahwa benar vaksin sudah bisa didapatkan di apotek umum.

Dijelaskan di sana ada 21 mitra apotek yang bekerja sama dengan pemerintah federal, negara bagian, dan teritori. Selain apotek nasional, ada juga jaringan apotek independen yang terlibat.

Baca juga: Penyuluh Agama Diimbau Intensifkan Edukasi Vaksinasi dan Pencegahan Covid-19 

"Semua ini dilakukan untuk meningkatkan akses vaksinasi covid-19 bagi seluruh masyarakat AS," terang CDC.

Amerika Serikat mengandalkan tiga merek vaksin covid-19 dalam program vaksinasinya yaitu Pfizer (usia 12+), Moderna (18+), serta Johnson & Johnson (18+, satu dosis).

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini