Indonesia Posisi Terbawah Ketahanan Covid-19 dari 53 Negara di Dunia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 481 2448506 indonesia-posisi-terbawah-ketahanan-covid-19-dari-53-negara-di-dunia-Pnj0Yx5d8C.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

BEBERAPA hari lalu Bloomberg merilis daftar ranking mengenai negara dengan ketahanan Covid-19 terbaik dan terburuk selama periode Juli 2021. Dalam tabel tersebut, Norwegia berhasil mendapatkan peringkat tertinggi dalam hal vaksinasi Covid-19 yang berhasil diberikan hampir dari separuh populasi yang mereka miliki.

Posisi kedua ditempati oleh Swiss dengan cakupan vaksinasi dan kualitas hidup yang cukup tinggi. Sementara Selandia Baru berada di posisi ketiga yang turun satu tingkat dari data bulan lalu. Walaupun demikian, data yang dimiliki Selandia Baru masih cukup bagus dalam upaya pemerintah mengendalikan Covid-19.

ketahanan Covid-19

Sayangnya, berdasarkan data yang dihimpun oleh Bloomberg tersebut, Indonesia menempati posisi bontot di urutan ke-53 sebagai negara dengan ketahanan Covid-19 terburuk sedunia. Cakupan vaksinasi yang masih rendah yakni 11,9 persen membuat kualitas hidup masyarakat pun paling kecil.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 di Amerika Mudah Didapat di Apotek dan Gratis

Terkait dengan laporan ini, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengaku tidak bisa memberikan komentar tentang penetapan indikator yang dipublikasikan Bloomberg mengenai ranking ketahanan Covid-19 selama periode Juli 2021.

Lebih lanjut, Dokter Siti hanya bisa memberikan tanggapannya mengenai situasi Covid-19 di Indonesia saat ini. Menurutnya Indonesia sudah termasuk dalam negara yang sudah bisa memberikan vaksin Covid-19 kepada para masyarakatnya.

“Case fatality rate kita 2,6%, ini penilaian saat kita mengalami gelombang kedua akibat virus Delta, tentunya sifatnya sangat dinamis dan akan berubah sesuai dengan kondisi,” terang dr. Siti saat dihubungi MNC Portal, Jumat (30/7/2021).

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah terus menggenjot program Vaksinasi Nasional Covid-19 di Indonesia di tengah meledaknya kasus Covid-19. Selain itu vaksinasi yang menyasar anak-anak usia 12-17 tahun juga sudah dimulai sejak awal Juli 2021 dalam upaya menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) di masyarakat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini