Negara Maju Belum Tentu Sanggup Hadapi Outbreak Covid-19 yang Sangat Besar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 481 2448585 negara-maju-belum-tentu-sanggup-hadapi-outbreak-covid-19-yang-sangat-besar-DKp4URYT0x.jpg Outbreak Covid-19 (Foto: Nature)

INDONESIA disebut sebagai negara terburuk dalam ketahanan Covid-19 pada periode Juli 2021. Hal tersebut dibuktikan dengan data ranking mengenai negara dengan ketahanan Covid-19 terbaik dan terburuk yang dirilis oleh Bloomberg beberapa hari lalu.

Dalam data tersebut Indonesia menempati posisi ke-53 dengan cakupan vaksinasi hanya sebesar 11,9 persen saja.

 outbreak Covid-19

Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan, dalam menentukan suatu ranking, harus dilihat dahulu paramater untuk mengkaji suatu skor.

Selain itu indikatornya juga perlu dilihat terlebih dahulu sebelum bisa paham interpretasinya. Terkait dengan benar atau tidaknya data tersebut, dr. Fajri menyebut bahwa situasi yang sedang dihadapi Indonesia sangat wajar di tengah outbreak yang sangat besar.

“Fasilitas kesehatan Indonesia tidak mencukupi. Di DKI Jakarta saja fasilitasnya tidak mencukupi apabila terjadi outbreak besar, apalagi di luar Jawa. Karena akan ada 10-15% dari penambahan kasus tersebut membutuhkan rumah sakit, yang mana rumah sakit membutuhkan oksigen, tenaga medis, dan sistem lainnya yang terbatas,” kata dr. Fajri, saat dihubungi MNC Portal, Jumat (30/7/2021).

Menurut dr. Fajri, bahkan negara lainnya pun yang lebih maju dari Indonesia, tidak akan sanggup kalau terjadi outbreak yang sangat besar. Sebut saja China yang pada awalnya terkena Outbreak pada 2020, diikuti dengan Amerika yang terjadi outbreak besar, ditambah lagi dengan kerusuhan.

“Kedua negara tersebut juga tidak mampu. Artinya kita jalani saja apa yang bisa kita jalani, dan vaksinasi juga tidak mudah. Yang harus kita lakukan adalah memutus bersama Covid-19.

"Semua negara masih belajar dan semua negara pun belum ada yang berhasil.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini