Anosmia Tanda Covid-19 Tak Parah? Yuk Simak Obrolannya di Live Instagram Okezone

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 612 2448184 anosmia-tanda-covid-19-tak-parah-yuk-simak-obrolannya-di-live-instagram-okezone-MOyrSCGjbg.jpg Talkshow Pandemi Covid-19

KETIKA terkena Covid-19, salah satu gejala yang sering terjadi adalah anosmia atau kehilangan indra penciuman. Dari beberapa pasien yang menderita anosmia saat terinfeksi covid-19, sekira 10 persen di antaranya ternyata mengalami gejala lanjutan berupa parosmia. 

Penyebab anosmia ini bukan hidung tersumbat atau pilek, melainkan karena neuron sensorik penciuman tidak bisa mengekspresikan gen yang mengkode protein reseptor ACE2 (yang digunakan virus SARS-CoV-2 untuk memasuki sel manusia), ungkap studi dalam jurnal Science Advances pada 24 Juli 2020.

Seperti dikutip dari laman resmi HMS, peneliti salah satunya profesor neurobiologi di Blavatnik Institute, Harvard Medical School (HMS), Sandeep Robert Datta, menemukan, virus corona mengubah indera penciuman pada pasien, tidak dengan menginfeksi neuron secara langsung tetapi mempengaruhi fungsi sel pendukung.

Sementara itu, orang dengan flu tidak mengalami anosmia. Walau hidungnya tersumbat, namun dia masih bisa menghirup aroma misalnya makanan. Jadi, anosmia bukan berarti karena hidungnya tersumbat karena pileknya.

Live Instagram

Tapi, ternyata anosmia merupakan tanda bahwa gejala yang dialami oleh pasien Covid-19 tidak parah loh. Penasaran apa saja gejala Covid-19 yang parah dan bukan? Yuk simak obrolan dengan Dokter THT Bedah Kepala dan Leher Hamastia Manuhara Sp.THT-KL.

Live di Instagram Okezone Pukul 14.00 WIB. Membahas gejala apa yg sebenarnya harus diwaspadai penderita Covid-19 termasuk membahas varian Delta dan Delta Plus memiliki gejala yang berbeda.

Apalagi, anosmia bisa menjadi salah satu gejala long Covid-19. Lantas, adakah beda anosmia dan pilek? Yuk cari tahu daripada berbekal pengetahuan dari WhatsApp dan Sosial Media.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini