Viral Video Air Keran Mengandung Virus Corona, Ternyata Ini Penyebabnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 612 2448404 viral-video-air-keran-mengandung-virus-corona-ternyata-ini-penyebabnya-eB4axv3IG7.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

GUNA mempercepat seseorang mendapatkan hasil dari tes Covid-19, maka cara yang digunakan adalah melalui swab antigen. Berbeda dengan PCR, hasil swab antigen bisa diperoleh hanya dalam beberapa menit.

Sayangnya, akurasi swab antigen memang lebih rendah ketimbang PCR, meskipun memang masih tinggi lebih dari 90 persen. Tidak seperti PCR yang hanya dimiliki oleh rumah sakit dan harus melakukan pengetesan di lab, swab antigen cenderung mudah didapatkan.

Beredar informasi dari akun Facebook Sportss Giffts berupa sebuah video seorang satpam yang melakukan tes antigen dengan menggunakan air keran dan alat tersebut menampilkan positif Covid-19. Postingan ini disukai sebanyak 10 kali, dikomentari 1 kali, dan disebarkan kembali 32 kali.

Hoax ini sudah berulang kali muncul tetapi dengan video yang berbeda, Dicky Budiman selaku Epidemiolog Universitas Griffith menjelaskan bahwa informasi tentang air keran positif Covid-19 dengan menggunakan alat tes antigen adalah tidak benar.

Hoax

Ia menjelaskan, SARS-CoV-2 tidak menyebar melalui air tetapi melalui udara sehingga air biasa tidak akan bisa terdeteksi oleh alat. Penggunaan alat tes antigen pada video tersebut menguji sampel yang bukan semestinya, sehingga PH dari alat tes antigen terganggu dan merusak antibodi pada film alat sehingga hasil yang dikeluarkan tidak valid.

Alat tes antigen sendiri hanya bisa digunakan dengan menggunakan sambil yang diambil dengan swab yang dimasukkan melalui hidung bukan dengan menggunakan sampel air ataupun cairan lainnya.

Melihat dari penjelasan tersebut video air keran positif Covid-19 adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini