Selain Imunitas dalam Tubuh, Innate Immunity Juga Diperlukan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 612 2448702 selain-imunitas-dalam-tubuh-innate-immunity-juga-diperlukan-k4z6Dzg7QM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 memang membuat masyarakat harus tetap menjaga kebugaran mereka. Selain itu, penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak hingga vaksinasi juga sangat diperlukan.

Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk dr. Michael Reo mengatakan, menjaga imunitas yang baik merupakan salah satu kunci utama tubuh dalam memerangi virus, bakteri, toxin, dan patogen berbahaya yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Merujuk kepada program vaksin yang akhir-akhir ini semakin intensif dilakukan, diharapkan sistem kekebalan tubuh masyarakat akan semakin meningkat dan herd immunity terhadap virus Covid-19 akan lebih cepat tercapai.

"Yang perlu kita perhatikan, dalam menjaga kondisi tubuh yang sehat adalah rutin dalam mengonsumsi nutrisi serta asupan gizi yang baik setiap hari. Periode pasca-vaksinasi sering membuat kita tidak lagi memperhatikan kebutuhan asupan nutrisi setiap hari yang menjaga imunitas tubuh," katanya dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut, banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang imunitas itu sebenarnya. Perlu dipahami, bahwa sistem imunitas manusia pada dasarnya terbagi atas dua bagian, yaitu imunitas spesifik (Adaptive Immunity) dan imunitas non-spesifik (Innate Immunity).

Imunitas spesifik merupakan sistem imunitas yang utamanya diperankan oleh Limfosit B dan T dalam menghasilkan antibodi, untuk melawan mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara, imunitas non-spesifik, atau Innate Immunity juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Innate Immunity adalah pertahanan fisik atau mekanik, misalkan kulit, selaput lendir, silia saluran napas, batuk, dan bersin yang merupakan garis pertahanan terdepan terhadap mikroorganisme.

"Keutuhan kulit sangat penting untuk mencegah mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Oleh karena itu menjaga keutuhan kulit sebagai organ terbesar pada manusia adalah sangat penting," terangnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini