Perjalanan Varian Delta Plus Masuk ke Indonesia

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 02:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 612 2448722 perjalanan-varian-delta-plus-masuk-ke-indonesia-HlpyAOcTy0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA kembali dikejutkan dengan adanya varian Delta Plus yang masuk ke Indonesia. Varian baru ini tercatat masuk di dua wilayah Indonesia.

Ini diungkapkan oleh Peneliti Bioinformatika lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM), Sahal Sabilil Muttaqin di akun Twitter-nya. Sahal Sabilil Muttaqin menunggah foto update sekuens varian delta di Indonesia. Termasuk di antaranya varian Delta Plus yang telah ditemukan April lalu.

"Delta pertama kali terdeteksi di Indonesia Januari 2021, baru meledak Juni 2021. Delta plus dan delta AY.3 ditemukan April dan sekuensnya baru submit kemarin. Kita perlu hati-hati," tulisnya.

"Delta plus dan AY.3 hanya di Jambi. Sedangkan sekuens awal delta plus juga ditemukan di Mamuju. Jarak submit dua tempat cukup lama," tambahnya.

Selain itu hal lain yang harus diketahui bahwa penemuan varian ini bukanlah hal yang mengagetkan di tengah situasi kasus di masyarakat tinggi penyebarannya. Sebab, mutasi virus yang menyebabkan penemuan varian-varian baru hanyalah masalah waktu dan kehadiran varian ini adalah suatu fenomena yang alamiah,

Baca Selengkapnya: Sudah Masuk RI, Varian Delta Plus Ditemukan di 2 Wilayah Ini

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini