Vaksin Sinovac Terbukti Ampuh Cegah Penularan hingga Kematian Akibat Covid-19

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 481 2448823 vaksin-sinovac-terbukti-ampuh-cegah-penularan-hingga-kematian-akibat-covid-19-51mWfec234.jpg Vaksin Sinovac (Foto : Rappler)

Varian baru virus penyebab Covid-19 memang bermunculan di Indonesia. Mulai dari Alpha, Beta, hingga Varia Delta. Terbaru, Varian Delta Plus juga telah ditemukan kasusnya di Indonesia.

Menjadi pertanyaan, apakah vaksin yang tersedia ampuh mencegah penularan varian baru Covid-19? Dikutip dari akun Instagram @lawancovid19_id, vaksin Sinovac terbukti ampuh mencegah penularan, rawat inap hingga kematian akibat Covid-19.

Hal ini terlihat berdasarkan kajian cepat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes atas keefektifan vaksinasi Sinovac terhadap infeksi Covid-19 kepada tenaga kesehatan DKI Jakarta.

Vaksin Sinovac

Vaksinasi Sinovac dosis lengkap terbukti 94 persen menurunkan risiko penularan Covid-19. Selain itu, Vaksinasi Sinovac dosis lengkap juga 96 persen mencegah risiko perawatan karena Covid-19.

Bahkan, vaksinasi Sinovac dua dosis, dikatakan 98 persen mencegah risiko kematian karena Covid-19. Keampuhan vaksin Sinovac juga ditegaskan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Baca Juga : CDC Sebut Penularan Covid-19 Varian Delta Bisa 'Semudah Cacar Air'

Siti Nadia menyebut, vaksin Sinovac masih sangat efektif untuk memberikan perlindungan terhadap Covid-19. Bahkan, termasuk untuk varian Delta yang kini penyebarannya mendominasi di Indonesia.

"Vaksin ini masih sangat efektif untuk memberikan perlindungan, termasuk dari Varian Delta. Pada prinsipnya vaksin tidak membuat kita 100 persen kebal, jadi orang masih mungkin terinfeksi. Namun, bagi sebagian orang yang sudah divaksinasi, walau tertular tidak menjadi sakit, serta gejala yang berat dan kematian bisa dihindari," jelas Siti Nadia.

Karenanya, Siti Nadia tetap mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan, baik sebelum atau sesudah divaksinasi. Karena, hal ini menjadi langkah penting untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

"Jangan lupa, tetap didukung dengan menjalankan protokol kesehatan," imbuhnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini