2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 481 2449168 2-harimau-di-ragunan-terinfeksi-covid-19-ini-penjelasan-pakar-kesehatan-7VtQ62plbs.jpg Harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi covid-19. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

TIDAK hanya manusia yang bisa terinfeksi covid-19, tetapi hewan juga. Seperti kasus terbaru di Jakarta, dua harimau sumatera yang berada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) sempat terinfeksi covid-19.

Diketahui, dua satwa bernama Hari dan Tino tersebut didiagnosis positif covid-19 pada 15 Juli 2021. Namun setelah menjalani karantina, kedua harimau sumatera itu berangsur pulih dan sudah kembali beraktivitas.

Baca juga: Sempat Terinfeksi Covid-19, 2 Harimau Sumatera di Ragunan Dinyatakan Telah Sehat 

Lantas, mengapa hewan juga bisa terinfeksi covid-19? Dari mana Hari dan Tino tertular?

Pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 dr Muhamad Fajri Adda'i mengatakan hewan memang dapat terinfeksi virus corona. Mengutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kemungkinan hewan terinfeksi covid-19 dari manusia.

"Jadi kalau ditanya kenapa hewan bisa kena, kemungkinan dia tertular dari manusia, itu keterangan yang ada di CDC. Jadi, memang bisa (terinfeksi) ketika hewan close contact atau kontak erat dengan manusia," kata dr Fajri saat dihubungi MNC Portal, Minggu (1/8/2021).

Harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi covid-19. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

Ia melanjutkan, tidak hanya harimau, hewan-hewan lainnya seperti kucing atau anjing peliharaan juga bisa terinfeksi covid-19. Meski demikian, belum ada bukti bahwa hewan yang terinfeksi covid-19 dapat menularkan kepada manusia.

Baca juga: Anies Jenguk 2 Harimau Sumatera yang Terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan 

"Bagaimana kalau hewan terinfeksi covid-19, apakah kita manusia bisa tertular? Sejauh ini kategori penularan hewan kepada manusia low atau rendah. Yang jelas, kemungkinan penularan pertama covid-19 di dunia itu dari kelelawar, tetapi sekarang mostly adalah penularan dari manusia ke manusia," jelas dr Fajri.

Selain itu, hewan yang terkena covid-19 juga bisa mengalami gejala serupa dengan manusia. Mulai demam, batuk, lemas, menggigil, pilek, hingga mual, dan muntah.

"Sebagian besar hewan yang tertular juga bisa tidak bergejala atau bergejala ringan," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini