2 Harimau di Ragunan Positif Covid-19, Ini Gejala yang Bisa Dirasakan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 481 2449215 2-harimau-di-ragunan-positif-covid-19-ini-gejala-yang-bisa-dirasakan-TAehaL8m6c.jpg Dua harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi covid-19. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

COVID-19 ternyata tidak hanya menyerang manusia. Hewan juga bisa terinfeksi. Terbaru, dua harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) bernama Hari dan Tino yang sempat tepapar virus corona.

Keduanya didiagnosis positif covid-19 pada 15 Juli 2021. Setelah menjalani masa karantina di bawah pemantauan dokter, dua harimau sumatera tersebut berangsur pulih dan bisa kembali hidup normal.

Baca juga: 2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan 

Menanggapi adanya kasus pada hewan harimau sumatera tersebut, pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i mengatakan ini bukanlah kasus baru. Hewan memang bisa terinfeksi virus corona karena kemungkinan tertular dari manusia.

Harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi covid-19. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

Hewan-hewan yang terinfeksi covid-19 bahkan mengalami gejala mirip manusia. Hal tersebut juga berdasarkan informasi yang dihimpunnya dari laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Baca juga: Sempat Terinfeksi Covid-19, 2 Harimau Sumatera di Ragunan Dinyatakan Telah Sehat 

Dia mengungkapkan, hewan yang terinfeksi covid-19 bisa tidak bergejala hingga mengalami gejala ringan.

"Gejalnya bisa demam, lemas, sesak napas, tampak seperti itu mirip seperti manusia. Kemudian bisa batuk, mual muntah, matanya merah," kata dr Fajri kepada MNC Portal, Minggu (1/8/2021).

Gejala lain yang mungkin dapat dirasakan hewan ketika terinfeksi covid-19 yakni hidung berair atau pilek hingga nafsu makan yang berkurang. Jika ada tanda-tanda tersebut, hewan tersebut harus dibawa ke dokter hewan untuk dicek kesehatannya.

"Kalau sudah dites dan hasilnya positif, nanti ada karantinanya sendiri untuk hewan," ujar dr Fajri.

Baca juga: Anies Jenguk 2 Harimau Sumatera yang Terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan 

Dia juga menyarankan bagi masyarakat yang memelihara hewan di rumah agar mengurangi kontak langsung. Terlebih lagi bagi Anda yang sering berinteraksi dengan banyak orang di luar rumah.

"Jangan sembarang pegang hewan. Kemudian kalau kita mau memberi makan kepada hewan peliharaan, sebelumnya cuci tangan juga. Intinya, lebih mengurangi kontak sih sebenarnya. Apalagi kalau kita bergejala, disarankan pakai masker," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini