Selain Aromanya yang Khas, Kopi Bisa Jadi Mood Booster Terbaik, Cek Fakta Ini

Karina Asta Widara , Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 12 2449646 selain-aromanya-yang-khas-kopi-bisa-jadi-mood-booster-terbaik-cek-fakta-ini-UIs6qyBmD6.jpg fOTO : Dok Freepik

Guna menekan laju Covid-19, Pemerintah mengambil langkah tepat dengan melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk wilayah Jawa-Bali.

Perpanjangan PPKM Level 4 ini membuat sebagian besar masyarakat harus beraktivitas #DiRumahAja. Untuk menemani aktivitas selama work from home, kopi dengan aroma yang menggoda dan rasa yang nikmat, bisa menjadi mood booster terbaik bagi Anda.

Kopi memang menjadi sarana yang ampuh untuk memulai pekerjaan, pasalnya kafein yang terdapat di dalam secangkir kopi dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

Penelitian London School of Tropical Medicine menyebutkan, kafein yang terdapat di dalam kopi dapat menggerakkan saraf-saraf yang diam. "Dengan kopi cukup untuk membuat orang berkosentrasi karena kafein tersebut dapat membangunkan saraf yang tidur," terang Dr Katherine Ker, salah satu dari tim peneliti.

Berikut Okezone sajikan manfaat kopi yang bisa memberi Anda energi dan semangat menjalankan aktivitas seharian:

1. Meningkatkan Daya Ingat 

Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat mempertajam ingatan minimal 24 jam setelah dikonsumsi. Peneliti dari Pusat Neurobiologi Universitas Kalifornia, Mike Yassa, mengatakan bahwa kafein meningkatkan cara Anda membangun daya ingat dalam otak, sehingga akan dapat mengingat lebih jelas. Kafein mampu mengurangi gejala kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan kewaspadaan.

2. Mengandung Antioksidan

Foto. Reuters

Ternyata kopi juga dapat membantu untuk merawat kulit Anda. Berkat kandungan antioksidannya yang mengandung fenol dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat, bahkan lebih kaya dari minuman antioksidan lainnya.

3. Mengandung Vitamin dan Mineral

Kopi tidak hanya mengandung kafein, tapi juga mengandung berbagai mineral, seperti magnesium, potasium, niacin, dan mangan. Mineral-mineral ini berperan dalam metabolisme energi, yakni membantu tubuh melepas energi yang berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Kopi juga kaya vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit.

4. Menurunkan Berat Badan

Selain dikenal meningkatkan energi, minum kopi juga menyehatkan dan membantu menurunkan berat badan. Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan laju metabolisme basal (BMR), juga dikenal sebagai laju pembakaran kalori saat istirahat.

Menurut Ashley Shaw, RD, Ahli Diet terdaftar di Preg Appetit, bila kopi dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat kopi yang bisa Anda dapatkan. Konsumsilah kopi dalam batas yang wajar dan tidak terlalu berlebih, sehingga Anda dapat merasakan khasiatnya.

Untuk memudahkan #BeliKreatifLokal kopi berkualitas dari pelaku ekonomi kreatif, seperti Atas Nama Kopi, Koffie Lopers, Kopi Kita Satu, Anda bisa memesan langsung secara online. Mengonsumsi kopi lokal membuat Anda semakin #BanggaBuatanIndonesia.

Foto. wonderfulimage.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, meminta agar kopi Indonesia dipromosikan dengan story telling atau kisah unik yang menyertai pada setiap produknya.

Menparekraf Sandiaga mengaku sudah lama menjadi pecinta kopi dan menceritakan kualitas kopi Indonesia yang sangat potensial disukai pasar global. "Setiap saya ke satu tempat di Indonesia, saya sangat terkejut dengan kualitas kopinya baik itu arabika maupun robusta. Jadi setiap kali kunjungan itu dan mencicipi kopi di daerah saya menemukan sensasi-sensasi baru," ujarnya.

Selain menikmati kopi yang membuat hari menjadi semakin bersemangat, kita juga bias mengisi aktivitas seru #DiRumahAja dengan ikut lomba 17-an yang seru. Caranya, dengan ikutan kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia. Yuk, bikin video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja dan menangkan hadiah total jutaan rupiah!

Cara Ikutannya juga mudah. Pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Agar makin meriah, bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum dan aksesoris khas sesuai lagu daerah yang Anda pilih.

Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel. Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga 12 Agustus 2021, jadi jangan sampai ketinggalan ya!

Dapatkan hadiah berupa saldo uang elektronik senilai 100 ribu rupiah untuk 20 orang pemenang dan video-video kreasi terbaik akan berkesempatan ditayangkan di akun Instagram @pesonaid_travel dan kanal YouTube Pesona Indonesia pada 17 Agustus 2021 nanti. Seru banget kan!  (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini