Waspadai Sindrom Burnout saat WFH, Kenali 3 Gejalanya!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 481 2449386 waspadai-sindrom-burnout-saat-wfh-kenali-3-gejalanya-zqVzReKhft.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PERNAH dengar istilah burnout syndrome? Yup, burnout merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi stres berat yang dipicu oleh pekerjaan, termasuk saat Work from Home (WFH). ?

Lalu apa saja si gejala yang dialami saat burnout dan perlu diwaspadai? Dikutip dari akun Instagram @satgas.relawan, Anda perlu mewaspadai sindrom burnout ketika sering merasa kehabisan energi atau kelelahan.

Selain sering merasa kehabisan energi, Anda juga akan memiliki perasaan negatif yang berkaitan dengan pekerjaan. Akhirnya, produktivitas kerja pun menjadi menurun, yang juga bisa menjadi salah satu tanda mengalami sindrom burnout.

Sindrom Burnout

Lalu, bagaimana tips mencegah sindrom burnout? Saat menjalani WFH, cobalah membuat batasan dan perencanaan jam kerja dengan baik. WFH bukan berarti Anda bisa bekerja terus-menerus selama seharian penuh.

Kemudian, mengubah pola pikir menjadi lebih positif juga dapat membantu mencegah terkena sindrom burnout. Hal ini juga membantu menjaga kesehatan mental Anda selama pandemi.

Baca Juga : 5 Potret Gronya Somerville, Pebulu Tangkis Cantik yang Memesona di Luar Lapangan

Lalu, lakukan aktivitas yang disukai dan menyenangkan hati. Ambil waktu sejenak untuk beristirahat atau melakukan hal menyenangkan ketika WFH.

Jika dirasa sindrom burnout sudah tidak terkendali, hubungi psikolog yang dapat membantu permasalahan ini secara profesional. Anda bisa menghubungi layanan bantuan psikologis di nomor 081211084053.

Setelah itu, Anda akan diminta mengisi form pendaftaran secara online. Lalu mengirimkan link form pendaftaran. Selanjutnya admin akan menghubungi Anda untuk memberitahukan jadwal konseling.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini