Dokter Ungkap Cara Cegah Hewan Peliharaan Terinfeksi Covid-19

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 481 2449595 dokter-ungkap-cara-cegah-hewan-peliharaan-terinfeksi-covid-19-vyeEqvkyPz.jpg Ilustrasi cara cegah hewan peliharaan terinfeksi covid-19. (Foto: Jari Hytonen/Unsplash)

SUDAH bukan rahasia lagi bahwa hewan juga bisa terinfeksi covid-19. Kasus terbaru terjadi di Indonesia, di mana dua harimau sumatera yang berada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta sempat positif covid-19.

Pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i mengatakan sudah ada beberapa kasus hewan terinfeksi virus corona. Mulai cerpelai, harimau, singa, gorila, musang, hingga anjing atau kucing peliharaan.

Baca juga: 2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan 

"Hewan itu bisa tertular dari manusia, termasuk hewan peliharaan juga bisa kena. Tetapi, hewan peliharaan itu belum tentu bisa menularkannya kepada manusia. Sejauh ini belum ada buktinya," kata dr Fajri saat dihubungi MNC Portal baru-baru ini.

Ilustrasi hewan anjing. (Foto: Ubergizmo)

Dia menyarankan para pemilik hewan peliharaan lebih berhati-hati lagi dalam merawatnya di rumah. Terutama bagi pemilik yang mengalami gejala covid-19 maupun sedang berada di zona merah.

"Kalau lagi sakit covid, atau lagi outbreak, atau kita lagi berada di zona merah, ya kita memperlakukan hewan peliharaan kita seperti anak, harus hati-hati. Kita pakai masker, jangan dekat-dekat dengan hewan peliharaan, karena mereka bisa tertular juga," jelas dr Fajri.

Baca juga: 2 Harimau di Ragunan Positif Covid-19, Ini Gejala yang Bisa Dirasakan 

Selain menggunakan masker, hal penting lainnya adalah menjaga kebersihan saat berinteraksi dengan hewan peliharaan. Misalnya, mencuci tangan terlebih dulu sebelum memberinya makan atau menggunakan sarung tangan bersih.

"Jangan sembarang pegang hewan. Kemudian kalau kita mau memberi makan ke hewan peliharaan, sebelumnya cuci tangan juga. Intinya, lebih mengurangi kontak, apalagi kalau kita bergejala, disarankan pakai masker juga," jelasnya.

Kemudian jika hewan peliharaan terlihat sakit atau ada gejala covid-19 seperti demam, hidung berair, batuk, lemas, sesak, dan tidak nafsu makan; sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan.

Dengan catatan, orang yang membawa hewan peliharaan ke dokter hewan adalah orang yang sehat atau tidak terindikasi covid-19. Tentunya, ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Sempat Terinfeksi Covid-19, 2 Harimau Sumatera di Ragunan Dinyatakan Telah Sehat 

Ilustrasi hewan peliharaan kucing. (Foto: Dimhou/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini