Cari Obat untuk Pasien Covid-19, Coba Cek di Sini Deh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 481 2449659 cari-obat-untuk-pasien-covid-19-coba-cek-di-sini-deh-8yTjI6qQ8u.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUKAN cuma telemedicine untuk berkonsultasi dengan dokter, apotek online juga sangat membantu pasien isolasi mandiri Covid-19. Banyak obat-obatan hingga vitamin yang dibutuhkan para pasien.

Namun adanya lonjakan kasus Covid-19 membuat para pasien memburu obat untuk meringankan gejala. Karena tingginya permintaan, para apoteker di Indonesia mengakui adanya kelangkaan jenis obat maupun vitamin,

Diakui dr. Gideon Hartono dari Apotek K-24, selama lonjakan kasus, beberapa jenis produk obat maupun alat kesehatan untuk mencegah dan mengobati gejala Covid-19 paling banyak dicari. Seperti antivirus, antibiotik, vitamin, obat penurun panas, pereda nyeri, suplemen herbal, masker, hand sanitizer, juga oksimeter dan termometer.

 obat

"Sekarang kondisi obat-obatan untuk meredakan gejala Covid-19 ini langka, sama seperti saat hand sanitizer dan masker langka dulu," ujarnya lewat keterangan resmi.

Akibatnya, banyak penderita yang harus menjalani isolasi mandiri di rumah, menjadi kesulitan mendapatkan obat-obatan terapi Covid-19.

Sementara itu, dilansir dari laman Sehatnegeriku, ketersediaan obat dapat diakses melalui laman https://farmaplus.kemkes.go.id/. Aplikasi ini bisa diakses dengan mudah.

"Kita bisa ketahui di apotek mana obat yang sedang kita cari berada,” kata Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan drg. Arianti Anaya, beberapa waktu lalu.

Kemenkes akan memperluas jaringannya ke apotek-apotek sampai ke seluruh Indonesia. Meski begitu, semua obat-obatan terapi COVID-19 harus dibeli dengan menggunakan resep dokter.

"Karena obat tersebut mempunyai risiko kalau digunakan tidak sesuai resep dokter maka obat ini akan menjadi racun, bukan malah mengobati. Itu yang harus dipahami oleh para masyarakat,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini