Menkes Yakin Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Covid-19 mRNA

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 481 2449705 menkes-yakin-indonesia-jadi-pusat-produksi-vaksin-covid-19-mrna-YrFp81DwQU.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yakin Indonesia akan menjadi pusat produksi vaksin covid-19 teknologi baru mRNA. Saat ini Indonesia sudah masuk tahap finalisasi dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami sekarang sedang melakukan pendekatan melalui WHO agar bisa dijadikan 'hub' untuk produksi vaksin teknologi mRNA yang merupakan bagian dari strategi besar WHO," kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Menkes Minta Daerah Selesaikan Vaksinasi Booster dalam 2 Minggu 

Perkembangan selanjutnya, sambung dia, rencananya dilakukan due diligence ke Bio Farma untuk memastikan kesiapan Indonesia dalam target besar ini.

Due diligence sendiri merupakan aktivitas investigasi atau audit riwayat keuangan yang dilakukan oleh investor terhadap perusahaan tempat mereka menanamkan modal.

Ilustrasi vaksin covid-19 mRNA. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

Menkes Budi menerangkan bahwa satu negara di dunia sudah ditunjuk oleh WHO menjadi hub yaitu Afrika Selatan.

"Untuk Indonesia, kami masih berusaha agar Indonesia bisa menjadi negara kedua yang ditunjuk menjadi salah satu hub dunia untuk vaksin mRNA," harap Menkes Budi.

Baca juga: Menkes Puji Nakes Tingkatkan Tracing Covid-19 hingga 200 Ribu/Hari 

Tujuan ikut menjadi bagian dari rencana WHO ini tak lain untuk memastikan ketersediaan vaksin covid-19 teknologi baru terus terjaga.

"Dengan demikian bisa mengisi kebutuhan vaksin mRNA tersebut," terang Menkes Budi terkait tujuan terlibat dalam rencana ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini