3 Tips Cegah Kucing Peliharaan Terinfeksi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 481 2449769 3-tips-cegah-kucing-peliharaan-terinfeksi-covid-19-ptWkmNVI3v.jpg Jaga kucing kesayangan agar tidak terinfeksi Covid-19 (Foto : Livescience)

KUCING menjadi salah satu hewan peliharaan yang berisiko terinfeksi Covid-19. Menurut Humane Society, ada 49 kasus yang dikonfirmasi dari SARS-CoV-2 pada kucing dan 35 kasus yang dikonfirmasi pada anjing.

Dokter hewan percaya bahwa kucing berada pada risiko yang lebih tinggi daripada anjing untuk tertular SARS-CoV-2. Tapi, apakah kucing peliharaan yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan kepada manusia atau pemiliknya?

Selama ini penularan virus hanya dari orang yang terinfeksi ke kucing, bukan sebaliknya. Jadi Anda tidak perlu khawatir tertular virus corona dari kucing, tetapi mereka mungkin tertular dari Anda.

Tetapi ada baiknya jika Anda mengambil tindakan pencegahan tertentu dan membuat rencana jika Anda terinfeksi. Lantas, apa saja cara agar kucing Anda tetap aman?

Berikut cara menjaga kucing peliharaan untuk mengurangi risiko terinfeksi Covid-19 dikutip dari Newsweek, Selasa (3/8/2021).

Terapkan praktik kebersihan yang baik

Kucing Peliharaan

Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memegang kucing Anda, makanannya, dan hindari menciumnya. Disinfeksi rumah Anda secara teratur.

Virus corona tidak kebal terhadap desinfektan dan produk pembersih biasa. Karenanya, bersihkan permukaan apa pun yang sering Anda dan kucing Anda kunjungi untuk membunuh virus dan mencegah penularan.

Baca Juga : Selain 2 Harimau Sumatra, Ini Hewan-Hewan yang Juga Sempat Terinfeksi Covid-19

Batasi kontak dengan orang

Itu benar, kucing Anda juga perlu menjaga jarak. Karena risikonya tampaknya penularan dari manusia ke kucing, kucing Anda harus menghindari kontak yang tidak perlu dengan manusia. Itu mungkin berarti lebih banyak waktu di dalam untuk kucing Anda, dan tentu saja membatasi orang ke rumah Anda.

Dukung kesehatan kucing Anda

Kucing yang sehat dengan sistem kekebalan yang kuat lebih tahan terhadap infeksi. Pendekatan holistik untuk kesehatan hewan peliharaan, Anda dapat melibatkan diet yang tepat, olahraga, tidur cukup, dan banyak lagi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini