5 Kesalahan Piercing yang Sering Dilakukan Orang Awam

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 611 2449665 5-kesalahan-piercing-yang-sering-dilakukan-orang-awam-1boGzuObt0.jpg Ilustrasi. (Foto: Today)

PIERCING atau tindik masih digemari banyak kalangan. Namun ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika seseorang melakukan piercing.

Kesalahan ini janganlah terus diulang, karena bisa menimbulkan risiko berbahaya. Yuk ketahui lebih lanjut, seperti yang dirangkum berikut ini.

1. Pakai alat piercing tembak

 piercing

Diungkapkan Niyo dari Piercing Indonesia, menindik pakai piercing gun adalah satu kesalahan besar. Sayangnya, masih banyak orang menindik dengan alat tembak.

"Alat tembak berisiko tinggi menyebabkan infeksi, benjolan ataupun komplikasi. Jangan pernah mengambil risiko ini," terangnya.

2. Ukuran perhiasan kurang pas

Kalau Anda menindik telinga, lalu pakai anting yang ukurannya tidak pas, bisa-bosa bikin kulit bermasalah. Anda akan mengalami kerusakan pada jaringan, iritasi kulit, dan infeksi.

"Jadi ukuran perhiasan harus sesuai anatomi untuk tindikan baru, tidak boleh terlalu pendek atau terlalu panjang," tambahnya.

3. Tindik pakai perhiasan perak

Perhiasan perak sama sekali tidak dianjurkan, karena banyak mengandung nikel yang bisa menyebabkan banyak masalah dan alergi kulit. Niyo menyarankan agar Anda memakai perhiasan dari titanium atau emas 14k/18k.

4. Sering ganti perhiasan

Jangan diulang ya, bila Anda sering gonta-ganti perhiasan bisa menyebabkan pemulihan menjadi lebih lama dan sangat mengganggu. Jika ingin ganti sebaiknya tunggu waktu dan konsultasikan dengan ahlinya.

5. Cara membersihkannya tidak tepat

Untuk membersihkan di area tindik, Anda tidak perlu menggunakan alkohol, betadine, minyak kayu putih, salep, atau sabun. Hal ini justru bisa menyebabkan iritasi kulit dan gatal

"Gunakan saja pembersih yang dibuat khusus untuk perawatan luka tindik. Atau Anda hanya perlu bersabar dalam proses penyembuhan sesuai yang dianjurkan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini