Ini Alasan Makan Bersama Dianggap Bisa Tularkan Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 612 2449448 ini-alasan-makan-bersama-dianggap-bisa-tularkan-covid-19-fLi3hsnQw2.jpeg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

SALAH satu aturan dalam masa pembatasan pergerakan masyarakat (PPKM) adalah pembatasan makan di restoran. Makan di rumah makan pun dibatasi hanya 20 menit 

Pasalnya, makan bersama di tempat umum membawa risiko penularan Covid-19 yang sangat tinggi. Seseorang akan sangat mudah terinfeksi Covid-19 dengan orang lain, apabila mengonsumsi makanan bersama di tempat umum.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Senin (2/8/2021), berikut alasan mengapa makan bersama di tempat membawa risiko penularan Covid-19 lebih tinggi.

"Saat makan bersama, seseorang akan melepaskan masker untuk makan. Selain itu seseorang juga akan lupa untuk menjaga jarak dan biasanya akan makan sambil mengobrol," tulis unggahan yang diposting KPCPEN.

Alhasil kegiatan tersebut akan membuat banyak droplet bertebaran, sehingga menimbulkan potensi tertular Covid-19. Seseorang bisa saja terinfeksi Covid-19, namun tidak bergejala dan tidak di tes dan bisa memperluas terjadinya penularan penyakit.

Apabila memang diharuskan makan di tempat karena berbagai alasan, tentunya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Diantaranya adalah tetap menjaga jarak, tidak sambil mengobrol, jika terdapat makanan yang dikonsumsi bersama, gunakan alat makan terpisah khusus untuk mengambil makanan.

Selain itu tetap patuhi protokol kesehatan secara ketat. Di antaranya dengan mencuci tangan pakai sabun dan hand sanitizer, mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini