4 Dampak Menjalani Toxic Relationship, Enggak Bagus bagi Mental

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 612 2449710 4-dampak-menjalani-toxic-relationship-enggak-bagus-bagi-mental-E6dKDJbCYm.jpg Lelah punya pacar toxic (Foto: Main line health)

RUPANYA menjalani toxic relationship atau hubungan beracun seringkali tidak disadari oleh pasangan. Namun, tanda-tanda ini bisa muncul seiring berjalannya waktu.

Salah satu tanda dari hubungan yang beracun adalah Anda selalu merasa tidak nyaman saat berada di dekat pasangan walaupun Anda tidak bertengkar dengannya. Ini karena mereka pandai memainkan emosi Anda.

Selain itu, menjalani hubungan beracun juga dapat berdampak pada kehidupan Anda yang tentunya tidak baik untuk kesehatan emosional maupun fisik. Melansir Femina India, berikut 4 dampak hubungan beracun yang tidak baik untuk kesehatan mental.

 pacar toxic

1. Kreativitas Menurun

Dalam suatu hubungan, jika pasangan Anda memilih untuk mengabaikan alih-alih membantu Anda tumbuh, maka itu jelas menunjukkan bahwa mereka kurang menghormati Anda.

Memberikan kritik kreatif dan membantu pasangan Anda tumbuh adalah satu hal dan menempatkan mereka dengan negatif adalah hal lain. Mengabaikan adalah tanda yang jelas bahwa pasangan Anda kurang menghargai Anda.

 

2. Dimanipulasi

Dimanipulasi dalam suatu hubungan bisa menjadi tanda bahaya besar bahwa setiap orang harus berhati-hati dengan situasi seperti itu.

Saat menyamarkan penghinaan dengan memberikan pujian, orang tersebut pada dasarnya merendahkan Anda tetapi dengan cara yang tidak terlihat seperti penghinaan langsung.

Dengan cara ini, mereka bisa memanipulasi Anda untuk melakukan sesuatu atau mempercayai hal-hal tentang diri Anda yang jauh dari kebenaran.

3. Dapat Merusak Kepercayaan Diri

Berada bersama seseorang yang selalu meremehkan dan mengkritik kemampuan Anda dapat memengaruhi harga diri Anda secara negatif dan merusak mental.

Melanjutkan hubungan seperti itu untuk waktu yang lama dapat membuat kepercayaan diri Anda runtuh. Pada titik ini, Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah hubungan itu layak dipertahankan? Dengarkan hati kecil Anda.

4. Kehilangan Jati Diri

Seiring waktu, orang yang dibuat merasa rendah diri oleh pasangannya akan kehilangan jati dirinya. Mereka pelan-pelan berubah menjadi orang lain. Bahkan mungkin teman baik Anda sulit mengenali Anda lagi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini