dr. Tirta Sebut 4 Kebiasaan Sepele yang Berbahaya, No 3 Duduk Terlalu Lama!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 481 2449996 dr-tirta-sebut-4-kebiasaan-sepele-yang-berbahaya-no-3-duduk-terlalu-lama-rfUvhAQT7U.jpg Dokter Tirta (Foto: Ist)

Setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai bahaya begadang dan rebahan terlalu lama, dr. Tirta kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton. Kali ini ia membuat video khusus membahas 4 hal sepele yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

 Dokter Tirta

1. Mengorek kuping

dr. Tirta mengungkapkan bahwa kotoran yang terdapat di dalam telinga berfungsi supaya benda asing tidak masuk ke dalam telinga. Dengan membersihkan kotoran menggunakan cotton bud, kemungkinan kotoran akan terdorong lebih masuk ke arah gendang telinga. Hal yang dapat terjadi yaitu penyumbatan di gendang telinga karena tumpukan kotoran. Fatalnya, hal tersebut dapat berakibat hilangnya pendengaran karena sumbatan.

“Cotton bud itu akan efektif kalau hanya dibuat untuk membersihkan telinga bagian luar, yaitu daun telinga semua, tidak boleh masuk lubang” tutur dr. Tirta

2. Menahan buang air kecil

Ketika menahan buang air kecil terlalu lama dan terlalu sering, dapat timbul bakteri-bakteri baru sehingga memunculkan infeksi saluran kemih. Kemudian hal tersebut dapat menyebabkan batu ginjal. Ciri infeksi saluran kemih yang paling sering ditemui yaitu anyang-anyangan yaitu ketika terasa ingin buang air kecil namun tidak terjadi.

3. Terlalu lama duduk

Jika duduk terlalu lama terutama di toilet, dapat terjadi penyakit hemoroid yaitu kondisi timbulnya benjolan atau terdesaknya pembuluh darah di bagian anal. Hemorrhoid external adalah kondisi ambeien yang muncul sampai keluar anus. Penyakit ini juga dapat disebabkan karena kurangnya asupan makanan berserat.

4. Memaksa fisik untuk olahraga

Hal ini sering terjadi ketika orang yang sedang berolahraga tiba-tiba pingsan atau mengalami kram. Ketika memaksakan fisik untuk olahraga yang berlebihan, maka ada banyak organ yang didorong untuk bekerja secara berlebihan.

 Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

 https://www.youtube.com/watch?v=1FYXn9qhGro

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini