Ibu Menyusui Terinfeksi Covid-19, Haruskah ASI diganti Susu Formula?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 481 2450317 ibu-menyusui-terinfeksi-covid-19-haruskah-asi-diganti-susu-formula-Ghp3C9SrHz.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

BAYI sampai usia 6 bulan harus mendapatkan ASI. Namun, apa jadinya kalau di proses menyusui si ibu menyusui terinfeksi Covid-19? Apakah si ibu boleh mengganti ASI dengan susu formula?

Kondisi semacam ini banyak terjadi. Si ibu yang masih harus menyusui ASI bingung bagaimana kelanjutan hidup bayinya jika dia khawatir takut menularkan virus ke si bayi.

Diterangkan Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr Caessar Pronocitro, Sp.A, jika ibu terpapar Covid-19 saat program ASI eksklusif, maka lanjutkan pemberian ASI. Sebab, Covid-19 bukan penghalang bayi mendapatkan ASI.

Ibu Menyusui

"Ibu menyusui kena Covid-19, tetap harus kasih ASI ke bayinya. Malah, manfaatnya jauh lebih besar dari risiko tertular. Lagipula ASI itu nutrisinya jauh lebih bagus daripada sumber lain di usia bayi 6 bulan pertama," kata dr Caessar saat Live Instagram, belum lama ini.

Baca Juga : Pekan ASI Sedunia, Kenali Pentingnya Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

Jika ibu khawatir virus akan menular ke si bayi, maka teknik pemberian ASI perah bisa dilakukan. Tapi, kalau mau memberikan ASI langsung juga tidak masalah asal tetap disiplin protokol kesehatannya.

"Nah, kalau ibu merasa ragu mau kasih ASI pakai teknik yang mana, silahkan berkonsultasi dengan dokter. Namun yang jelas, risiko dari pemberian ASI langsung dengan ASI perah yang diberikan anggota keluarga ke bayi akan berbeda," terang dia.

Dokter Caessar coba memberitahu protokol kesehatan terkait dengan menyusui:

1. Saat beri ASI, ibu harus pakai masker dengan baik dan benar.

2. Sebelum dan sesudah memegang bayi harus cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer juga boleh tapi harus dengan teknik yang benar.

3. Lalu disinfeksi permukaan yang disentuh ibu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini