Jangan Mager, Ini Manfaat Rajin Aktivitas Fisik Selama Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 481 2450368 jangan-mager-ini-manfaat-rajin-aktivitas-fisik-selama-pandemi-5iHMD3hDr9.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SELAMA masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan di rumah sangatlah penting. Selain dapat memperkuat imunitas tubuh, menjaga kesehatan merupakan salah satu investasi di masa tua. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Angelica Anggunadi menjelaskan banyak orang yang melakukan aktivitas fisik ingin memperoleh tubuh yang sehat.

Dalam dunia medis, sehat tidak hanya sekadar bebas dari penyakit. Terdapat setidaknya empat indikator yang menunjukan seorang dinyatakan sehat, di antaranya: risiko penyakit yang rendah, kondisi fisik dan mental yang baik, kesempatan yang lebih tinggi untuk melakukan interaksi sosial, serta memegang kendali atau merasa memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan dan kesejahteraan sendiri.

Aktivitas Fisik

Dokter Angelica menjelaskan selama masa pandemi Covid-19, sebagian besar masyarakat menerapkan perilaku sedenter sata berada di rumah. Perilaku sedentari yang paling banyak dilakukan adalah duduk dan berbaring. Oleh sebab itu, masyarakat harus sadar akan pentingnya aktivitas fisik dan segera mengubah gaya hidup dengan melakukan latihan fisik.

"Untuk memastikan seseorang tetap memiliki kesehatan saat ini dan di usia emas, penting untuk menjaga gaya hidup sehat dan aktif sejak dini. Latihan fisik dapat dilakukan dengan hal yang paling mudah dan dilakukan di rumah saja seperti berjalan, berlari dan melompat. Namun untuk dapat mencapai kesehatan tubuh secara menyeluruh latihan fisik harus dilakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur,” terang dr. Angelica.

Baca Juga : 6 Manfaat Lakukan Aktivitas Fisik Selama PPKM dan Isolasi Mandiri

Dalam webinar Anlene Actifit, Selasa (3/8/2021), dr. Angelica membeberkan sejumlah manfaat dari melakukan aktivitas fisik selama masa pandemi Covid-19. Di antaranya:

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Risiko stroke, depresi, dan gangguan tidur berkurang.

2. Kepada tulang dan kebugaran otot

Kejadian jatuh, dan risiko fraktir panggul semakin berkurang. Sebab seiring dengan pertamabahan usia, secara alami terjadi penurunan massa dan kekuatan otot.

3. Komposisi tubuh

Lemak badan dan lemak di perut berkurang.

4. Kebugaran kardiorespirasi

Risiko penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kadar lemak dalam darah dapat dikurangi. Selain itu risiko mengalami diabetes tipe 2, kanker payudara, kanker usus dan kanker rahim juga bisa dicegah sejak dini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini